Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuota SNMPTN 2012 Ditambah 10 Persen

Kompas.com - 11/06/2012, 18:56 WIB
Mundri Winanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kuota Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun ini naik sekitar 10 persen. Hal itu diungkapkan Ketua Panitia SNMPTN 2012, Akhmaloka pada jumpa pers SNMPTN di gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Jakarta, Senin (11/6/2012).

Dia mengatakan, alasan penambahan kuota itu secara langsung dilontarkan pertama kali oleh Mendikbud, Mohammad Nuh. Alasannya untuk memperluas kesempatan bagi para calon mahasiswa. "Kami pernah mendiskusikan itu, antara majelis rektor PTN dengan pihak kementerian. Dan keputusannya tahun ini akan kita tambah sekitar 10 persen," kata Akhmaloka.

Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) ini menjelaskan, selain memperluas kesempatan alasan lain yang melatarbelakangi ditambahnya kuota tersebut adalah lantaran jumlah pendaftar SNMPTN yang meningkat sekitar 14 persen.

Tahun lalu, pendaftar SNMPTN mencapai 540.593. Dari jumlah tersebut, panitia SNMPTN hanya membatasi kuota sebesar 164.261 mahasiswa yang dibagi untuk jalur undangan 54.112, dan jalur ujian tertulis 110.149 mahasiswa. Sedangkan untuk tahun ini, pendaftar SNMPTN meningkat menjadi 618.804 peserta. Dengan begitu daya tampungnya juga ditambah menjadi 164.697 mahasiswa. "Kenaikan 10 persen itu hanya kisaran, bisa lebih bisa juga kurang," ucapnya.

Sementera itu, ditemui di lokasi yang sama, Mendikbud, Mohammad Nuh mengimbau agar seluruh PTN mengoptimalkan sarana dan prasarana yang dimilikinya. Hal itu berkaitan dengan kebijakan menambah kuota SNMPTN pada tahun ini. "Saya pikir bisa, karena kuliah kan berbeda dengan sekolah. Penggunaan sarana dan prasarana bisa diatur agar optimal," tegas Nuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com