Rabu, 17 September 2014

News / Edukasi

Paket Soal SNMPTN Tulis Masih Misteri

Senin, 11 Juni 2012 | 20:25 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah paket soal yang akan digunakan dalam ujian tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) masih misteri. Pasalnya sampai saat ini belum ada "bocoran" mengenai berapa paket soal yang akan digunakan dalam ujian tulis tersebut.

Ketua Panitia SNMPTN 2012, Akhmaloka membantah pemberitaan di sejumlah media (cetak dan elektronik) yang mengabarkan jumlah paket soal yang akan digunakan. Ia mengatakan, pihaknya tidak akan menyampaikan hal tersebut demi alasan keamanan dan kelancaran pelaksanaan ujian tulis tahun ini.

"Berapa paket yang akan digunakan? Itu rahasia, yang pasti lebih dari satu," kata Akhmaloka, di gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Jakarta, Senin (11/6/2012).

Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) itu mengaku enggan membeberkan jumlah paket soal untuk mencegah praktik joki pada ujian tulis tahun ini. "Ini kan demi keamanan, kalau kita sampaikan nanti ada pihak yang memanfaatkan," ujarnya.

Seperti diberitakan, ratusan ribu pendaftar SNMPTN ujian tulis akan mengikuti ujian pada 12-13 Juni 2012. Ujian tersebut dilakukan serentak di seluruh provinsi di Indonesia. Adapun mengenai hasilnya, panitia SNMPTN akan mengumumkan pada 7 Juli 2012.


Penulis: Indra Akuntono
Editor : Lusia Kus Anna