Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peserta SNMPTN Berkebutuhan Khusus Diistimewakan

Kompas.com - 11/06/2012, 22:39 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan memberikan layanan khusus kepada peserta ujian berkebutuhan khusus.

Tidak membedakan paket atau jenis soalnya, tetapi panitia langsung memberikan pendampingan khusus bagi masing-masing peserta.

Ketua SNMPTN 2012, Akhmaloka menjelaskan, masing-masing peserta berkebutuhan khusus akan diberikan dua pengawas untuk mendampingi. Seorang pengawas bertugas membacakan soal, dan seorang lainnya membantu mentransformasikan jawaban peserta pada lembar jawaban.

Selain itu, waktu mengerjakan soal juga ditambah 30 menit. Mengingat ada waktu yang diperlukan untuk menyampaikan dan mentransformasikan jawaban peserta ke lembar jawaban yang disediakan.

"Itu layanan yang kita berikan secara khusus. Ada ruang khusus untuk peserta ini berikut segala perlengkapannya. Bukan melalui huruf braille, tapi langsung didampingi oleh dua pengawas," kata Akhmaloka di gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Jakarta, Senin (11/6/2012).

Ditemui bersamaan Mendikbud, Mohammad Nuh mengimbau agar semua pihak jangan pesimis dengan layanan khusus yang diberikan kepada peserta SNMPTN berkebutuhan khusus. Menurutnya, sudah menjadi kewajiban bersama untuk memberikan kepercayaan penuh pada pelaksanaan SNMPTN.

"Jangan terlalu dicurigai, kasih kepercayaan penuh pada para peserta dan pendamping," kata Nuh.

Seperti diberitakan, besok ratusan ribu calon mahasiswa akan mengikuti ujian tulis SNMPTN di masing-masing panitia lokal. Persaingan akan sangat ketat, mengingat kuota SNMPTN masih jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan jumlah peserta.

Ujian tulis akan digelar pada 12-13 Juni 2012. Mengenai hasilnya, panitia SNMPTN akan mengumumkan serentak pada 7 Juli 2012 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com