Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemenang Kompetisi Blog Raih Hadiah Studi ke Belanda

Kompas.com - 13/06/2012, 15:13 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Nuffic Neso Indonesia hari ini mengumumkan keempat pemenang kompetisi blog berhadiah mengikuti sekolah musim panas di Belanda. Keempat pemenang tersebut antara lain Nurlela, Ricky Mardiansyah, Marintan Ompusunggu, dan Novia Chandra Sari.

Hadiah secara simbolis diberikan oleh Mervin Bakker, pimpinan Neso (Netherland Education Officer) Indonesia, dalam acara ramah tamah yang dihadiri oleh 30 besar peserta kompetisi di Jakarta, (13/6/12).

Menurut Mira A.Indarini, Education Promotion Officer Neso Indonesia, kompetisi blog yang sudah rutin diadakan empat tahun terakhir ini terus mengalami peningkatan peserta. "Dari tahun pertama sampai sekarang jumlah peserta meningkat. Tema tiap tahun berubah-ubah dan interest peserta bertambah," katanya disela acara.

Mira menuturkan, tahun ini panitia menerima 825 tulisan selama periode 16 April - 15 Mei 2012 dengan jumlah 757 peserta. Pada seleksi pertama panitia memilih 30 peserta untuk akhirnya dipilih empat penemnang.

Tahun ini panitia menetapkan tema Dutch Creativity sebagai tema penulisan. Juri akhirnya menetapkan Nurlela dengan tulisan berjudul "Musuh Bebuyutan yang Membuat Bangsa Belanda Kreatif", sebagai pemenang pertama. Sedangkan pemenang kedua adalah Ricky Mardiansyah dengan judul "Rumus E = mc2, Rahasia Kesuksesan Belanda."

Pemenang kesatu dan dua berhak mendapatkan Summer School di Universitas Utrecht, Belanda, selama dua minggu.

Sementara itu di urutan ketiga dan keempat adalah Marintan Ompusunggu dengan judul tulisan "Kebelet Pipis Bikin Kreatif" dan Novia Chandra Sari, "Belanda: Dulu Kreatif atau Kreatif dari Dulu." Pemenang ketiga mendapatkan hadiah smartphone dan pemenang keempat mendapat kamera digital.

Proses seleksi dan pemilihan pemenang dilakukan oleh dewan juri yang terdiri dari Anto Motulz (Head of Creative Saling Silang), Windy Ariestanty (penulis novel 'Life Traveler') dan Rizki Pandu Permana (penulis novel 'Negeri van Oranje' dan kandidat PhD Utrecht University).

Mira menjelaskan, kriteria pemenang didasarkan pada tiga penilain, yakni kesesuaian tema, kedua kreativitas serta originalitas tulisan, dan ketiga adalah bagaimana tulisan tersebut memberikan inspirasi bagi pembacanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com