Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi Gratis ke Belanda karena Einstein

Kompas.com - 13/06/2012, 16:43 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

Kompas.com -  Rumus E = mc2 dari Albert Einstein berhasil membawa Ricky Mardiansyah, alumni Sastra Perancis Universitas Padjajaran, memenangkan kompetisi blog yang diselenggarakan Netherlands Education Officer (NESO).

Ricky juara kedua Kompetiblog 2012 dengan hadiah studi musim panas di Belanda selama dua minggu. Tulisan yang membawanya ke Belanda tersebut berjudul E-mc2 Rahasia Kesuksesan Belanda. Kompetisi ini sudah dua kali ia ikuti. "Ini percobaan kedua saya, tahun lalu saya sudah mencoba dan menang juara tiga. Alhamdulillah sekarang juara dua dan baru bisa ke Belanda," ungkap Ricky seusai acara pemberian hadiah di kantor Neso, di Jakarta (13/6/12).

Ricky menjelaskan, rumus E= mc2 merupakan arti dari Edukasi dan Ekonomi Belanda yang membawanya menjadi negara besar di Eropa. Belanda mampu berkembang dengan segala keterbatasannya dan masuk dalam jajaran negara maju.

Dalam tulisannya, Ricky memaparkan bagaimana para dosen di Belanda selalu menekankan mahasiswanya untuk selalu punya rasa ingin tahu. Dari penasaran itulah bakal timbul ide-ide kreatif yang dapat dikembangkan oleh pemerintah.

Tulisan berjudul E=mc2 bukan satu-satunya tulisan yang dibuat oleh Ricky. Dalam kompetisi ini ia mengirimkan tiga judul tulisan dan ketiganya masuk dalam nominasi 30 besar dari 825 tulisan yang masuk. Selain tulisan yang menjadi pemenang, Ricky juga mengirim tulisan berjudul "Belanda Mengubah Pertanyaan Menjadi Penghasilan", dan "Botol Pipa Ajaib dari Belanda".

"Kebetulan saya ada waktu banyak, jadi saya bikin tiga artikel lagi. Alhamdulillah tiga-tiganya bisa masuk tiga puluh besar dan saya tidak menyangka, salah satu artikel itu bisa masuk dua besar," cerita Ricky dengan antusias.

Ia membeberkan tips-tips untuk memenangkan kompetisi blog ini. Antara lain mempelajari tulisan pemenang dari tahun-tahun sebelumnya. "Saya juga mencari data selama dua minggu dengan menonton video mengenai Belanda maupun searching data dari google," katanya.

Dari data yang diperoleh, ia mencoba mengembangkan pengetahuannya melalui tulisan. Ricky meyakini persiapan adalah hal yang penting, ia juga menghindari tema yang sudah banyak digunakan dan mencari ide-ide original.

Kompetiblog 2012 adalah kompetisi ajang kreatif menulis blog yang diselenggarakan oleh NUFFIC Netherlands Education Officer (NESO) bekerja sama dengan Utrecht Summer School, Belanda dan Saling Silang. Tema kompetisi tahun ini adalah Dutch Creativity. Pemenang pertama dan kedua berhak mengikuti Summer School di Utrecht Univercity selama dua minggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com