Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beginilah Membedakan Ijazah Palsu dan Asli

Kompas.com - 14/06/2012, 01:35 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Polisi membeberkan ciri-ciri paling mudah untuk membedakan ijazah palsu dan asli. Kanit II Haki, Subdit I Ekonomi Ditreskrimsus Polda Jawa Timur, Kompol Andy Arisandi menjelaskan, form kertas ijazah asli dikeluarkan oleh perusahaan kertas milik negara, Perum Peruri yang dilengkapi logo atau tanda khusus. ''Ijazah palsu hanya form kertas cetakan biasa,'' katanya di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (13/6/2012).

Sebelumnya, diberitakan, polisi berhasil mengungkap praktik pemalsuan ijazah atas nama beberapa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Jatim. Ijazah palsu untuk S1 dan akta IV dibandrol Rp 12,5 juta, S2 seharga 20 juta, dan S3 dijual Rp 70 juta. Pelakunya ditangkap jajaran Ditreskrimsus Polda Jatim, akhir Mei lalu.

Selain jenis kertas, ijazah palsu juga dapat dilihat dari hologram yang menempel di form kertas ijazah. Pada ijazah asli, hologram menjadi satu kesatuan dengan form kertas yang dikeluarkan Perum Peruri. Sementara hologram pada ijazah palsu dibuat sendiri dan ditempelkan di bagian tertentu.

Sebenarnya ada ciri lain untuk membedakan mana ijazah palsu dan mana yang asli kata Andy, namun itu hanya dapat diketahui oleh perguruan tinggi yang mengeluarkan ijazah, yakni pada penomoran seri ijazah dan kode ijazah. "Untuk ini, yang tahu hanya perguruan tinggi yang bersangkutan, masyarakat umum biasanya tidak tahu," tambahnya.

Untuk ciri-ciri stempel, pihaknya mengaku sulit membedakan, karena tidak sulit bagi seseorang membuat dan menduplikasi stempel. "Karena itulah, tersangka tidak hanya memiliki stempel PTS, stempel milik Dikti pun dia punya," terang Andy.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com