Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SMK Indonesia Bentuk Induk Koperasi

Kompas.com - 16/06/2012, 11:22 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Puluhan SMK dari berbagai daerah di Indonesia sepakat membentuk Induk Koperasi SMK yang berpusat di SMKN 26 Jakarta pada Sabtu (16/6/2012). Pembentukan Induk Koperasi SMK ini agar pengembangan koperasi di SMK-SMK dapat mengakses bantuan program dan pendanaan dari pemerintah.

Dukungan telah diberikan Kementerian Koperasi dan Usahaka Kecil Menengah. Apalagi, koperasi-koperasi SMK ini bakal mendukung program pemerintah dalam penghematan energi, khususnya bahan bakar minyak (BBM).

Induk Koperasi SMK Indonesia ini bakal digandeng PT Berkah Mekar Mugi Rahayu untuk mengembangkan aksesori untuk sepeda motor retrofid hybrid. Dengan penambahan aksesori ini, pengunaan BBM sepeda motor yang sudah ada dapat dialihkan ke sumber listrik dari baterai.

Ketua Asosiasi Koperasi SMK Priyanto mengatakan pembentukan Induk Koperasi ini merupakan gabungan dari pusat koperasi SMK-SMK yang ada di tiap provinsi. Selain membantu SMK untuk mengembangkan kewirausahaan, langkah ini sebagai wujud dukungan SMK pada penghematan energi secara nasional.

Sepeda motor retrofid hybdrid yang dikembangkan sekitar tiga tahun lalu sudah diuji coba secara langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan pada Mei lalu. Sepeda motor hybrid ini juga mendapat dukungan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Priyanto mengatakan koperasi di tiap SMK nantinya akan mengembangkan bengkel untuk memasang aksesori pada sepeda motor yang ada di pasaran menjadi sepeda motor retrofid hybrid. Dalam pengembangannya, SMK dilibatkan untuk memproduksi berbagai komponen sepeda motor retrofit hybrid.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com