Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/06/2012, 20:01 WIB
Indra Akuntono

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com - Pemilihan Rektor Universitas Indonesia hampir mencapai waktunya. Setelah pendaftaran akan dibuka pada 20-30 Juni 2012, pemilihan Rektor UI akan berakhir pada 7 Agustus 2012. Meski terbuka untuk masyarakat luas, tetapi ada sejumlah syarat khusus yang wajib dipenuhi untuk menjadi rektor.

Majelis Wali Amanat (MWA) UI, baru saja menyampaikan informasi menganai persyaratan yang wajib dipenuhi para calon Rektor UI. Lalu apa sajakah syarat-syarat tersebut?

Ketua Panitia Khusus Pemilihan Rektor Universitas Indonesia (UI), Endrianto Sutarto menyampaikan, persyaratan pertama adalah para calon wajib membuat pernyataan tertulis jika dirinya bersedia menjadi Rektor UI dan memiliki gelar Doktor dari perguruan tinggi yang terakreditasi. Setelah itu, diwajibkan juga menyertakan surat keterangan sehat dari empat rumah sakit negeri, yakni RS Fatmawati, RS Persahabatan, RS Cipto Mangunkusumo, dan RSPAD Gatot Subroto.

"Kemampuan organisasi juga perlu dimiliki para calon, minimal pernah menjabat dua jabatan dalam organisasi yang baik dan non politik dengan masa menjabat selama lima tahun," kata Endrianto, di Perpustakaan Pusat UI, Depok, Senin (18/6/2012).

Syarat selanjutnya adalah, para calon juga diminta untuk melampirkan daftar riwayat hidup, dan belum berusia 60 tahun saat yang bersangkutan mendaftar sebagai calon Rektor UI. "Juga diwajibkan menyerahkan makalah untuk membeberkan motivasi kenapa ingin mencalonkan, dan dibeberkan visi serta misinya," ungkapnya.

Ditemui terpisah, Ketua MWA UI, Said Aqil Siradj melanjutkan, calon Rektor UI juga tidak diperkenankan berasal dari salah satu pengurus partai politik. Di luar itu, para calon Rektor juga tidak pernah tersandung masalah hukum, bersedia dievaluasi, dan bersedia berhenti jika dinilai tak sanggup mengemban tugasnya.

"Jangan lupa, harus tercatat sebagai pembayar pajak aktif," ucapnya.

Seperti diberitakan, pendaftaran calon Rektor UI akan mulai dibuka pada lusa mendatang melalui website resmi pemilihanrektor.ui.ac.id. Dalam website tersebut terdapat aplikasi lengkap yang wajib diisi oleh masing-masing calon. Pendaftaran calon Rektor UI sendiri terbuka untuk masyarakat luas.

Calon terpilih akan menjabat sebagai Rektor UI pada masa jabatan 2012-1017 menggantikan Rektor UI yang menjabat saat ini, Gumilar R Somantri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com