Kamis, 18 September 2014

News / Edukasi

Puluhan SMP di Kudus Terapkan PPDB "Online"

Selasa, 19 Juni 2012 | 13:08 WIB

KUDUS, KOMPAS.com - Sebanyak 28 sekolah tingkat SMP swasta dan negeri di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah menerapkan sistem penerimaan peserta didik baru (PPDB) secara ’online’ sejak 18 Juni hingga 29 Juni 2012.

"Dari 29 SMP yang mengikuti penerimaan peserta didik (PPDB) secara ’online’, sebanyak tiga sekolah di antaranya merupakan sekolah swasta," kata Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kudus Eko Budi Santoso. di Kudus, Selasa (19/6/2012).

Ketiga sekolah tersebut, yakni SMP IT Assaidiyah, SMP Taman Dewasa dan SMP PGRI Jekulo Kudus. Selebihnya, kata dia, merupakan SMP negeri, termasuk SMP Satu Atap Gebog dan Undaan.

Sementara sekolah tingkat SMA yang mengikuti PPDB "online" terdapat 12 sekolah, meliputi lima SMA negeri dan tujuh SMA swasta. Kelima SMA negeri tersebut, yakni SMA 2 Kudus, SMA 2 Bae, SMA 1 Jekulo, SMA 1 Mejobo, dan SMA 1 Gebog.

Sedangkan SMA swasta yang mengikuti PPDB "online", meliputi SMA NU Al Ma’ruf, SMA PGRI 1 Kudus, SMA Hidayatul Mustafidin, SMA Keramat, SMA Islam Sudirman, SMA PGRI Kaliwungu, dan SMA Keluarga.

Kasubag Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan pada Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kudus Dian vitayani menambahkan, sekolah swasta yang berminat melaksanakan PPDB "online" siap memfasilitasi.

"Hanya saja, yang terdaftar mengikuti PPDB ’online’ untuk tingkat SMP 28 sekolah dan SMA sebanyak 12 sekolah," ujarnya.

Pengumuman hasil PPDB tahun pelajaran 2012/2013 lewat situs http://disdikpora.kuduskab.go.id pada 5 Juli 2012. Untuk pendaftaran ulang peserta didik yang diterima pada 6-7 Juli 2012.

Ia mengatakan, setiap calon peserta didik yang akan mendaftar ke sekolah dengan sistem PPDB "online" dapat mendaftar pada tiga pilihan sekolah negeri maupun swasta yang ikut "online".

"Pendaftar juga bisa pindah mendaftar pada sekolah lain dalam masa pendaftaran masih berlangsung," ujarnya.

Adapun jumlah SD di Kabupaten Kudus sebanyak 467 sekolah dan MI sebanyak 134 sekolah, SMP Negeri berjumlah 26 sekolah, MTs Negeri sebanyak dua sekolah, sedangkan SMA Negeri berjumlah tujuh sekolah, SMK Negeri tiga sekolah, dan MA Negeri dua sekolah.


Editor : Benny N Joewono
Sumber: