Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Format Ujian Mandiri Bersama Dibahas PTN

Kompas.com - 21/06/2012, 02:49 WIB

Jakarta, Kompas - Seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri atau SNMPTN lewat ujian tulis direncanakan akan dihapus mulai 2013. Untuk masuk perguruan tinggi negeri, nantinya hanya tersedia jalur undangan dan ujian mandiri yang dilakukan masing-masing perguruan tinggi negeri.

”Meski demikian, perguruan tinggi negeri bisa melaksanakan ujian mandiri bersama. Format ujian mandiri bersama ini yang akan segera dibahas,” kata Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Bedjo Sujanto di Jakarta, Rabu (20/6). Pembahasan terutama dilakukan PTN yang tergabung dalam Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia.

Bagi UNJ, kata Bedjo, ujian mandiri bersama bukan hal baru. Kampus calon guru ini bergabung bersama sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) sejak 2008 untuk mengikuti ujian masuk bersama yang dilaksanakan Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara.

Pada awalnya, ada lima PTN yang ikut, termasuk Universitas Indonesia (UI). ”Pada tahun ini diikuti 13 PTN, tetapi PTN yang ikut berganti-ganti,” kata Bedjo.

Ke-13 PTN yang bergabung dalam ujian masuk bersama pada tahun ini adalah Universitas Syiah Kuala (Banda Aceh), Universitas Malikussaleh (Lhokseumawe), Universitas Sumatera Utara, Universitas Jambi, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Jenderal Soedirman (Purwokerto), Universitas Diponegoro (Semarang), Universitas Sebelas Maret (Surakarta), Universitas Palangka Raya, Universitas Islam Negeri Alauddin (Makassar), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Banten), Universitas Borneo (Tarakan), dan Universitas Terbuka.

Menguntungkan PTN

Secara terpisah, Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya Tri Yogi Yuwono mengatakan, adanya seleksi nasional bersama, termasuk lewat ujian mandiri bersama, tetap menguntungkan PTN. ”Mahasiswa yang masuk PTN tetap bisa didapat dari hasil seleksi secara nasional. Cuma tinggal diatur bagaimana formatnya yang pas karena tiap PTN punya sistem sendiri yang berbeda terkait jalur mandirinya,” kata Tri.

Menurut dia, penjelasan lebih lanjut soal rencana penghapusan SNMPTN tulis dan ujian mandiri bersama baru akan disampaikan Majelis Rektor PTN kepada para rektor akhir pekan nanti. ”Saya rasa, PTN tetap mendukung adanya kebersamaan. Tinggal ditentukan saja nanti bagaimana formatnya yang bisa diterima semua PTN,” kata Tri.

Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Akhmaloka mengatakan, sejak dua tahun ini, ITB menerima mahasiswa baru dari jalur SNMPTN tulis dan undangan. Seleksi nasional bersama tidak masalah untuk ITB.

Ravik Karsidi, Rektor Universitas Sebelas Maret, Surakarta, mengatakan akan mengikuti kesepakatan bersama Majelis Rektor PTN Indonesia. Jalur mandiri UNS saat ini 25-30 persen. Penerimaan terbanyak lewat SNMPTN jalur tulis dan undangan.

Jalur mandiri di tiap PTN berbeda-beda, baik yang lewat tes tertulis maupun seleksi siswa berprestasi. Ada PTN yang membedakan biaya pendidikan antara mahasiswa yang masuk lewat jalur SNMPTN dan jalur mandiri. Namun, ada pula PTN yang menyamakan biaya kuliah, tetapi membedakannya saat masuk PTN. (ELN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com