Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPR: Evaluasi Anggaran Pendidikan di Kementerian Non-Dikbud!

Kompas.com - 25/06/2012, 14:22 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi X DPR yang membidangi pendidikan mendesak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk mengevaluasi anggaran fungsional pendidikan di kementerian/lembaga lain yang menyelenggarakan pendidikan. Hal itu dilontarkan Wakil Ketua Komisi X DPR Syamsul Bahri dalam rapat kerja antara DPR dan Mendikbud, Senin (25/6/2012) di Gedung DPR, Jakarta.

Syamsul mengatakan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh harus melakukan evaluasi pada penggunaan anggaran pendidikan di luar Kemdikbud. Saat ini, anggaran pendidikan menyebar di antaranya ke Kementerian Agama dan kementerian/lembaga lainnya.

"Pak Menteri berhak mengevaluasi, dan meminta informasi mengenai itu kepada mereka (kementerian lain) karena, sesuai peraturan presiden, Mendikbud yang diminta bertanggung jawab atas pendidikan, bukan yang lain," kata Syamsul.

Evaluasi itu, kata Syamsul, berguna untuk mengontrol apakah anggaran pendidikan di kementerian/lembaga lain telah sesuai dengan strategi pembangunan pendidikan atau belum. Selama ini, Komisi X DPR menilai penggunaan anggaran pendidikan di luar Kemdikbud masih minim dari pengawasan.

"Pak Menteri (Mendikbud) bisa mengontrol semua anggaran agar kita tahu apakah anggaran digunakan sesuai strategi pendidikan atau tidak," ujarnya.

Menanggapi hal itu, Mendikbud Mohammad Nuh mengatakan bahwa usulan tersebut akan didiskusikan kembali. Saat ini, kata dia, yang terpenting adalah menjaga pendidikan tetap mendapatkan jatah minimal 20 persen dari jumlah APBN.

"Kami berterima kasih atas semua usulan, tapi tentu perlu dilakukan konsolidasi kembali untuk merealisasikannya," kata Nuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com