Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa Berorasi Perangi Narkoba

Kompas.com - 25/06/2012, 22:57 WIB
Agus Mulyadi

Penulis

PALEMBANG, KOMPAS.com - Siswa sekolah menengah atas se-Kota Palembang mengadakan orasi dan lomba pidato antinarkoba, sebagai upaya memerangi peredaran barang haram tersebut.

Orasi dan lomba pidato antinarkoba itu berlangsung di halaman Kantor Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumsel di Jakabaring, Palembang, Senin (25/6/2012) ini.

Puluhan siswa berupaya membawakan orasi, memaparkan pengetahuan dan pandangan mereka tentang bahaya narkoba. Beberapa di antara peserta menggunakan alat peraga sebagai pendukung orasinya.

"Kenapa pelajar, karena pelajar dan mahasiswa adalah incaran narkoba yang sangat potensial," kata Kusmaneti, Kepala Bidang Pencegahan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Selatan sekaligus penyelenggara acara tersebut.

Dengan berorasi, diyakini siswa-siswi ini jadi lebih menelusuri seluk beluk narkoba dan bahaya yang menanti. "Minimal dengan begitu mereka bisa membentengi diri," katanya.

Para pemenang orasi yang diadakan dua hari itu, nantinya akan diproyeksikan BNNP Sumsel untuk melakukan penyuluhan di sekolah-sekolah dan daerah.

Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah diterimanya informasi, dengan cara tutor sebaya kepada sesama siswa SMA dan sederajat.

Di kesempatan sama Kepala BNNP Sumsel, Chozali Hanan, mengemukakan bahwa kegiatan positif semacam itu akan menjadi salah satu bentuk penanggulan narkoba yang terus meningkat tiap tahunnya.

Sumsel sendiri, kata Chozali, jumlah pengguna narkoba tiap tahun meningkat 15 persen hingga 20 persen. Pihaknya pun mengupayakan pengurangan jumlah pengguna setiap tahunnya.

"Acara memperingati hari antinarkoba sedunia ini, akan jadi ajang yang positif untuk menghindari peningkatan jumlah pengguna," katanya.


Sumber: Antara

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com