Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Akan Copot Kepala Sekolah Jual Seragam

Kompas.com - 25/06/2012, 23:03 WIB
Agus Mulyadi

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy, berjanji akan mencopot kepala sekolah yang menjual pakaian seragam kepada siswa baru, sebagaimana yang terjadi pada setiap tahun ajaran baru. Penjualan seperti itu dinilai memberatkan orang tua/wali murid.

"Kalau ada sekolah yang menjual pakaian seragam kepada siswa baru, maka saya akan  mencopot yang bersangkutan dari jabatannya," kata bupati kepada wartawan di Selong, Lombok Timur, Senin (24/6/2012).

Ia mengatakan, pihaknya sudah sering memperingati semua kepala sekolah di Lombok Timur, agar jangan menjual seragam untuk siswa baru di sekolah. Hal itu akan memberatkan para orang tua yang akan memasukkan anaknya di sekolah tersebut.

Namun, kata bupati, kenyataan masih ada sekolah yang melanggar larangan tersebut dengan berbagai alasan, tanpa mempertimbangkan, apakah para orang tua siswa sanggup membeli atau tidak.

"Hal ini tidak dibenarkan, pihak sekolah harus memberikan kebebasan bagi para orang tua/wali untuk membeli pakaian seragam di luar, dan tidak membebani para orang tua. Kebijakan sekolah mengharuskan para orang tua siswa membeli pakaian seragam di sekolah akan memberatkan, bukan mempermudah para orang tua siswa," kata Sukiman.

Ia meminta para orang tua/wali murid melapor, kalau ada sekolah yang menjual pakaian seragam kepada siswa baru. Kalau laporan tersebut terbukti, akan ada sanksi tegas kepada para kepada sekolah yang yang melanggar larangan tersebut.

Menurut Sukiman, sanksi ini dimaksudkan untuk memberikan efek jera kepada kepala sekolah yang lain, agar mereka tidak melakukan tindakan-tindakan yang dapat meresahkan orang tua/wali murid, akibat kebijakan yang diterapkan pihak sekolah kepada siswa baru.

"Kami meminta kepala sekolah untuk jangan mempersulit orang tua siswa yang ingin memasukkan anak mereka di sekolah, dengan kebijakan yang tidak mendasar seperti itu. Saya meminta para kepala sekolah membuat kebijakan yang bisa meningkatkan mutu pendidikan," kata Sukiman Azmy.


Sumber: Antara

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com