Jumat, 18 April 2014

News / Edukasi

Sekolah dengan MOS Terbaik Dapat Laptop

Kamis, 28 Juni 2012 | 15:07 WIB

Baca juga

SURABAYA, KOMPAS.com - Pelaksanaan masa orientasi siswa (MOS) yang diperuntukkan bagi siswa baru di Surabaya akan berbeda. Dalam masa pengenalan studi tersebut, SMA dan SMK di Surabaya ditantang untuk menjadi yang terbaik. Sekolah-sekolah tersebut akan memperebutkan dua laptop yang akan diberikan kepada OSIS dua sekolah yang melaksanakan MOS terbaik. MOS sendiri akan dimulai pada 9 Juli mendatang.

Penilaian yang dilakukan untuk menentukan sekolah mana yang terbaik, melalui situs jejaring sosial, Facebook dan Twitter. Mereka yang tampil paling kreatif dan menjadi trending topic di dunia maya, berhak mendapatkan laptop tersebut.

Iming-iming laptop tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Surabaya Ikhsan didampingi Muhammad Fahrurrozi, staf salah satu provider telekomunikasi, saat memberikan motivasi paradigma baru MOS, Kamis (28/6/2012), kepada OSIS SMA dan SMK di Surabaya. Para pengurus OSIS ini dibekali khusus game dan panduan MOS yang lebih kreatif.

"Era teknologi informasi harus dimaksimalkan. Kegiatan bisa divideokan dan diunggah di internet. Begitu juga topik dan kegiatan terbaik. Jika followernya terbanyak, mereka yang berhak atas laptop itu," kata Fahrur.

Ikhsan menegaskan, MOS sebagai studi pengenalan lingkungan sekolah tak boleh lagi ada perploncoan atau hukuman-hukuman.

"Kalau disuruh membawa makanan dan kue dengan ukuran tertentu, itu bukan zamannya. Kembangkan ide yang membuat bangga sekolah lewat internet," kata Ikhsan.

Para pengurus OSIS pun mendapatkan gemblengan selama dua hari untuk membuat konsep MOS yang kreatif dan bisa ditampilkan di dunia maya.

"Konsep MOS sebenarnya adalah membangun kepribadian di sekolah baru dan memupuk leadership dan komunikasi sosial," kata Fahrur.

Tahun ini, pekan MOS Surabaya mengambil semangat menuju generasi baru. Setiap sekolah nanti akan dimasukkan dalam grup. Akan ada topik yang muncul setiap saat. Termasuk yel-yel sekolah yang harus ditampilkan sehingga menarik saat diunggah ke dunia maya.

 


Editor : Inggried Dwi Wedhaswary
Sumber: