Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengumuman SNMPTN Ujian Tulis Tetap 7 Juli 2012

Kompas.com - 02/07/2012, 09:37 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 Akhmaloka mengatakan, pengumuman SNMPTN jalur ujian tertulis tetap akan dilaksanakan sesuai jadwal semula, yakni pada Sabtu (7 Juli 2012). Ia menegaskan, hingga saat ini tidak ada rencana untuk mengubah jadwal pengumuman tersebut, baik dipercepat maupun diundur.

"Tolong diinformasikan, tidak benar informasi pengumuman ujian tulis akan berubah, semua tetap sesuai jadwal," kata Akhmaloka kepada Kompas.com, Senin (2/7/2012), di Jakarta.

Dihubungi terpisah, Sekretaris Umum SNMPTN 2012 Rochmat Wahab juga menyampaikan pernyataan yang sama. Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini menjelaskan, panitia SNMPTN baru akan menggelar rapat sebelum mengumumkan hasil ujian tertulis pada 3 Juli 2012. Rapat tersebut, kata dia, digelar sebagai koordinasi akhir sebelum hasilnya diumumkan kepada masyarakat.

"Besok panitia baru akan rapat untuk mematangkan semuanya. Pada 6 Juli kita akan sampaikan kepada wartawan dan setelahnya baru akan diumumkan melalui website resmi SNMPTN dan beberapa surat kabar nasional," ujar Rochmat.

Sebagai informasi, sejak kemarin hingga hari ini ada sejumlah informasi beredar di kalangan siswa, khususnya yang menjadi peserta SNMPTN ujian tulis 2012. Berdasarkan pantauan Kompas.com, ada informasi yang tidak jelas sumbernya menyebutkan bahwa pengumuman SNMPTN jalur ujian tulis akan dipercepat dari jadwal semula 7 Juli menjadi 3 Juli 2012.

Informasi "gelap" tersebut tidak hanya ramai diperbincangkan di antara siswa, tetapi juga telah hangat diperbincangkan melalui sosial media seperti Twitter. Banyak akun-akun siswa yang membahas dan menanyakan mengenai kebenaran informasi itu. Sebab, akun resmi SNMPTN 2012 (@2012snmptn) tidak memberikan informasi apa pun untuk mengklarifikasi informasi tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com