Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Metode Memahami Buku Secara Efektif

Kompas.com - 03/07/2012, 09:05 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Membaca buku tak cukup untuk memahami isi buku. Memahami isi buku secara efektif membutuhkan teknik tertentu. Seperti apa tekniknya?

Aktivis di Yayasan Anak Indonesia Suka Baca, Linda Saptadji mengatakan, mulainya memahami buku dengan melihat sudut pandang sang penulis.

"Selami buku dan lihatlah buku sesuai sudut pandang si penulis. Hal ini akan memudahkan pembaca dalam memahami buku tersebut," ujar Linda, di Jakarta, Kamis (28/6/2012).

Linda mengatakan, untuk memperoleh manfaat secara maksimal dalam belajar, paradigma pembaca harus diubah. Linda menekankan kalimat, "Mmm...Menarik juga ya..." ketika mulai membaca buku. Kalimat tersebut akan menimbulkan penasaran dan perasaan ingin terus melahap habis buku yang dibaca.

Menurut Linda, memahami buku bisa dilakukan dengan mengakrabkan pikiran bawah sadar pada buku tersebut. Mengakrabkannya bisa dengan mencari gambaran buku atau berdialog dengan melakukan tanya jawab dengan buku tersebut.

Linda melanjutkan, posisi duduk juga memengaruhi daya pikir untuk menyerap isi bacaan. Posisi yang efektif adalah dengan berbadan tegak membentuk sudut 90 derajat dan tangan diatas paha. Posisi ini sangat baik untuk mengakses gelombang alfa. Gelombang paling baik untuk menyerap pelajaran.

Tom Barwood dalam buku "Strategi Belajar" mengungkapkan, secara alamiah manusia tertarik dan mengingat isi buku yang menonjol, lucu, berdekatan dengan sifat pribadi, emosional, berkaitan dengan indera dan seks, serta hal pertama dan yterakhir yang dipelajari (dalam sesi pelajaran). Sifat alamiah inilah yang mengapresiasikan diri untuk mudah memahami buku bacaan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com