Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Penerima Terbanyak Beasiswa Eropa

Kompas.com - 04/07/2012, 14:14 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Indonesia merupakan negara dengan penerima beasiswa Erasmus Mundus terbanyak dari Asia Tenggara. Tahun 2012 ini, sebanyak 90 mahasiswa Indonesia menjadi bagian dari 2.000 penerima beasiswa Erasmus Mundus dari seluruh dunia.

"Tahun ini, jumlah penerima beasiswa Erasmus Mundus asal Indonesia adalah yang terbanyak untuk kawasan Asia Tenggara," kata Duta Besar atau Kepala Delegasi Uni Eropa di Indonesia Julian Wilson, saat acara seremoni pemberian beasiswa kepada 90 mahasiswa Indonesia di Jakarta, Rabu (4/7/2012).

Ia menjelaskan, untuk kawasan Asia, Indonesia berada di urutan kelima. Adapun di tingkat dunia, Indonesia berada di posisi 10 sebagai negara terbanyak yang memperoleh beasiswa Erasmus Mundus dari 160 negara penerima.

Program Erasmus Mundus didanai oleh Uni Eropa dan bertujuan untuk memberikan kontribusi terhadap pengembangan keahlian dan kemampuan sumber daya manusia, meningkatkan pemahaman antarbudaya, dan mendukung kerja sama antar-lembaga-lembaga perguruan tinggi di Eropa dan negara-negara lain.

Saat ini terdapat 131 program Magister Erasmus Mundus dan 34 program Doktorat Erasmus Mundus yang ditawarkan dan mencakup berbagai bidang, seperti teknologi, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, bisnis, ilmu ekonomi, hukum, serta ilmu pengetahuan budaya/sastra.

Sejak dimulainya program Erasmus Mundus pada tahun 2004, sebanyak 470 mahasiswa Indonesia telah memperoleh manfaat dari program tersebut. Program Erasmus Mundus juga telah mendukung kerja sama antara berbagai perguruan tinggi di Eropa dan negara-negara lain di seluruh dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com