Sabtu, 26 Juli 2014

News / Edukasi

Mulai 6 Juli 2012

Perdana, Institut Teknologi Sumatera Terima 100 Mahasiswa

Kamis, 5 Juli 2012 | 14:10 WIB

BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com - Institut Teknologi Sumatera (Itera) yang baru berdiri di Lampung, mulai menerima mahasiswa baru untuk pertama kalinya. Pendaftaran dibuka pada 6 Juli 2012. 

Informasi dari pengelola Itera Lampung, proses penerimaan mahasiswa baru bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB). Hal ini dilakukan mengingat gedung Kampus Itera di kawasan Sukarame Bandarlampung sedang dalam proses pembangunan.

"Penerimaan perdana ini, kami hanya menerima 100 mahasiswa dengan lima program studi, yakni Fisika, Teknik Elektro, Teknik Geometrika, Teknik Geofisika, dan Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota," kata Panitia Pembangunan Itera dari ITB, Prof Dr Ir Indratmo Soekarno, Kamis (5/7/2012), di Bandarlampung.

Menurut dia, pengumuman penerimaan mahasiswa baru itu dapat dilihat secara langsung melalui website resmi yang ada.

"Cara pendaftaran, calon mahasiswa boleh memilih dua program studi, bisa mendaftar secara online via internet maupun mendatangi langsung Kampus ITB Jatinangor, Bandung, atau melalui panitia yang ada di Lampung," jelas Indratmo.

Pelaksanaan tes tertulis akan digelar pada 18 Juli mendatang, dengan materi yang akan diujikan adalah Matematika Dasar, Bahasa Inggris, dan IPA Terpadu.

"Setiap calon peserta dalam pelaksanaan ujian nanti harus membawa peralatan, termasuk kartu tanda peserta," kata dia.

Pelaksanaan ujian akan dilakukan di dua tempat, yaitu Kampus ITB Jatinangor Bandung dan Balai Keratun kantor Gubernur Lampung di Bandarlampung. Pengumuman hasil seleksi bisa dilihat melalui situs web resmi Itera.

Sementara kuliah di ITB

Para mahasiswa yang telah diterima dan lolos seleksi, untuk sementara akan menjalani perkuliahan di Kampus ITB Jatinangor, Bandung, hingga Kampus Itera selesai pembangunannya pada tahun 2015 mendatang.

"Mahasiswa perdana Itera diwajibkan tinggal di asrama yang telah dipersiapkan di ITB," ujar Indratmo.

Menurut dia, total biaya pendidikan di Itera senilai Rp 40 juta per tahun, di luar biaya asrama dan kehidupan sehari-hari.

Pembangunan Itera semula dijadwalkan dimulai pada bulan Agustus 2012, dan selesai pada 2014. Namun, realisasi pembangunan gedung Kampus Itera di Lampung tersebut, menurut anggota tim lainnya, Prof Wawan Gunawan, terpaksa harus mundur karena berbagai alasan.

"Saat ini, baru baru ditentukan pemenang tender pembuat master plan kampus itu, kemungkinan awal tahun 2013 pembangunan awal sudah bisa terlaksana," kata Wawan.

Pembangunan institut ini merupakan program nasional yang menggunakan anggaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Ke depannya, institut tersebut akan menjadi bagian dari Institut Teknologi Bandung.

 


Editor : Inggried Dwi Wedhaswary
Sumber: