Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Animasi Ini Bikin Matematika Tak Ngeri Lagi

Kompas.com - 06/07/2012, 08:49 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Biasanya pelajaran Matematika menjadi salah satu pelajaran yang menakutkan bagi para siswa. Kini, ada terobosan baru yang merupakan gabungan teknologi komunikasi dan pendidikan dalam bentuk software Animasi Matematika. Terobosan yang patut dicoba!

"Latar belakang karena momok mengenai pelajaran Matematika, maka saya serius di bidang pendidikan ini," kata Suwanto Komala, pencipta software Animasi Matematika, di Jakarta, Kamis (5/7/2012).

Animasi Matematika ini menggunakan kombinasi pendekatan dengan memberikan fokus kepada siswa (student-centered), lingkungan pembelajaran interaktif (interactive learning environment) yang memanfaatkan kemajuan teknologi informasi (computer assisted information).

"Animasi Matematika mensinergikan media dalam bentuk teks, gambar, animasi, grafik, narasi yang membangun interaktivitas dalam membantu siswa memahami konsep-konsep Matematika dengan cara yang seru dan menyenangkan," paparnya.

Ia mengaku telah mendedikasikan diri selama 15 tahun dalam mematangkan konsep software animasi. Software tersebut juga mampu melakukan penilaian atas hasil kerja siswa sehingga guru dan orangtua dapat melihat perubahan langsung terhadap siswa.

"Software ini juga ada soal UN, SNMPTN, dan soal ujian lainnya. Kalau dijawab, akan ada skor langsung dari software tersebut," kata Suwanto.
 
Hingga saat ini, software Animasi Matematika telah digunakan oleh ratusan sekolah di Indonesia, di antaranya SMA Labschool, SMAN 8, SMA Al Azhar, dan SMP Marsudirini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com