Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dag-dig-dug Menanti Hasil SNMPTN...

Kompas.com - 06/07/2012, 12:56 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Mereka yang pernah mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi negeri pasti sudah tahu bagaimana dag-dig-dug-nya menanti saat penentuan hasil. Ada yang santai, tak sedikit yang mungkin sampai tak bisa tidur menjelang pengumuman.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 akan diumumkan dan bisa diakses hasilnya pada Jumat (6/7/2012) malam nanti. Puluhan ribu calon mahasiswa menanti hasilnya.

"Ada rasa deg-degan sedikit. Tapi pada dasarnya aku memang enggak ambisi untuk masuk PTN karena aku pribadi menilai sukses atau tidaknya seseorang bukan karena lulusan PTN atau PTS, tergantung individu. Aku coba SNMPTN ini lebih untuk mengetes keberuntungan," kata Claudia Rosalia, alumnus SMAN 78 Jakarta, kepada Kompas.com, Jumat (6/7/2012).

Menurut Claudia, secerdas apa pun seseorang, jika keberuntungan tidak menyertai, sulit untuk menembus SNMPTN. Claudia sendiri memilih studi Kriminologi di Universitas Indonesia dan Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya.

"Yakinnya cuma 70 persen. Tetap kriminologi, I heart crime. Kalau teman-teman ada yang hopeless, ada yang tetap optimis. Tapi semuanya juga pasrah, karena tahu peluangnya memang kecil banget buat lolos," ujarnya.

Sementara itu, Muhammad Farid Nauval, alumnus SMAN 2 Tambun, Bekasi, mengatakan, selain keberuntungan, strategi menjawab soal juga bisa menentukan hasil SNMPTN. Saat ditanya seberapa besar keyakinannya, Nauval mengatakan hanya yakin 70 persen bisa lulus SNMPTN dan masuk jurusan idamannya, Teknik Arsitektur di Universitas Sebelas Maret, Solo.

"Jenuh menunggu hasil, rasanya deg-degan, ya berdoa aja. Kalau enggak dapat, ya saya kan sudah dapat cadangan, di D-3 Teknik Sipil UNS. Kalau dapat syukur, kalau enggak dapat, kan sudah ada cadangan," kata Nauval.

Pengumuman SNMPTN dapat diakses melalui http://www.snmptn.ac.id pukul 19.00 malam ini atau melalui media cetak pada Sabtu (7/7/2012) pagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com