Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PIMNAS 2012 Diikuti 2000 Mahasiswa

Kompas.com - 07/07/2012, 11:40 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sekitar 2.000 mahasiswa dari 95 perguruan tinggi negeri dan swasta se-Indonesia akan mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ke-25 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 10-12 Juli 2012.

"Mereka terbagi dalam enam kelompok yang dikompetisikan, yakni penelitian, pengabdian masyarakat, kewirausahaan, karsa cipta, karya terapan, dan gagasan tertulis," kata Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Dasron Hamid di Yogyakarta, Jumat (6/7/2012).

Ribuan mahasiswa itu akan berkompetisi untuk memperebutkan medali, sertifikat, dan uang pembinaan dalam kegiatan yang rencananya dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh.

Dasron menjelaskan, Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) merupakan kegiatan puncak di bidang perwujudan kreativitas mahasiswa dan penalaran ilmiah yang terjadwal secara akademik oleh perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Selain itu, Pimnas juga merupakan salah satu bentuk peningkatan peran mahasiswa di Indonesia yang dilaksanakan secara bertahap, berjenjang, dan berkelanjutan.

"Kegiatan semacam ini akan mampu memupuk minat mahasiswa untuk membuat karya ilmiah yang dapat mengangkat citra perguruan tinggi maupun daerahnya," katanya.

Menurut dia, Pimnas memiliki kedudukan yang sangat penting dan strategis bagi peningkatan kreativitas dan kemampuan mahasiswa di bidang penalaran. "Kegiatan itu memberi peluang pada mahasiswa untuk menggelar  karyanya berupa produk dan poster ilmiah sebagai representasi tingkat intelektualitas dan kemampuan berkompetisi yang cerdas dan objektif," kata Dasron.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com