Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Ujian Tulis UI Tampung 2.000 Mahasiswa Baru

Kompas.com - 07/07/2012, 11:53 WIB
Indra Akuntono

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com - Rektor Universitas Indonesia (UI) Gumilar R Somantri mengatakan, sekitar dua ribu peserta dinyatakan lulus ujian tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 dan berhasil masuk Universitas Indonesia. Jumlah tersebut berasal dari 12 fakultas di 55 program studi yang ada di UI.

Gumilar menjelaskan, dua ribu calon mahasiswa baru itu telah melewati tes yang sangat ketat dan transparan. Sesuai kuota, jalur masuk UI melalui ujian tulis sudah merupakan 40 persen dari total penerimaan mahasiswa baru.

"SNMPTN sudah selesai, dan dari jalur ujian tulis kuotanya memang 40 persen," kata Gumilar saat ditemui di Kampus UI, Depok, Sabtu (7/7/2012).

Selanjutnya, kata Gumilar, pada Minggu (8/7/2012) besok, pihaknya akan menggelar ujian mandiri yang dinamai SIMAK UI dan dilakukan serentak di sejumlah daerah. Jalur tersebut nantinya akan menampung 20 persen dari total kuota penerimaan mahasiswa baru. Sebelumnya, UI juga telah menerima mahasiswa baru melalui jalur undangan dengan kuota maksimal 40 persen.

"Semua jalur kita seleksi secara ketat dan transparan. Seleksifitasnya sangat tinggi dari perbandingan antara yang mendaftar dan diterima," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah mengumumkan hasil ujian tulis SNMPTN 2012. Sebanyak 123.225 peserta dinyatakan lolos seleksi nasional tersebut. Secara rinci, jumlah 123.225 peserta yang lolos ujian tulis SNMPTN 2012 terdiri atas kelompok IPA sebanyak 57.869 siswa dan kelompok IPS sebanyak 65.356 siswa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com