Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dewan Guru Besar UI Desak Gumilar Tarik Surat Pemberhentian Ratna

Kompas.com - 10/07/2012, 15:35 WIB
Aloysius Budi Kurniawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Dewan Guru Besar Universitas Indonesia mendesak Rektor UI Gumilar Somantri agar menarik kembali surat pemberhentian Dekan Fakultas Kedokteran UI Ratna Sitompul. Sebab, kebijakan tersebut diduga sebagai upaya rektor untuk menyusun barisan dalam pemenangan pemilihan rektor bulan Agustus mendatang.

Demikian diungkapkan Ketua Dewan Guru Besar UI Prof Biran Affandy, Selasa (10/7/2012), di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI). "Rektor telah melakukan tindakan yang sangat tidak elegan, tidak taat asas dan melanggar kesepakatan tanggal 22 Desember 2011 untuk tidak mengambil keputusan strategis," ujarnya.

Dua kebijakan strategis yang dilakukan Rektor adalah memberhentikan Ratna sebagai Dekan FK UI serta memberikan surat perintah kepada Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ekonomi untuk melakukan pemilihan dekan sebelum 3 Agustus 2012.

"Dewan Guru Besar UI memandang telah terjadi inkonsistensi dan diskriminasi di sini karena Rektor telah memperpanjang masa tugas semua dekan UI yang telah habis masa jabatannya.  Tetapi, khusus untuk dekan Fakultas Ekonomi dan Kedokteran diminta melaksanakan pemilihan serta menyerahkan tiga nama calon dekan kepada rektor sebelum 3 Agustus 2012," katanya.

Keputusan Rektor ini, menurut Biran, bertentangan dengan tujuan pembenahan dan penyelesaian konlik UI. Secara sengaja, Rektor mengabaikan teguran tim transisi yang merupakan kesepakatan antara Rektor, majelis wali amanat, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

"Untuk menghindari masalah yang lebih pelik di kemudian hari dan agar Rektor tidak dianggap sedang menyusun barisan pemenangan pemilihan rektor ke depan, maka kami minta Rektor menarik lagi surat-surat tersebut," ujarnya.

Kompas/Aloysius B Kurniawan (ABK)

Foto Dekan FKUI Ratna Sitompul Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Ada Attachment Foto:
20120710abk-Dewan Guru Besar UI Desak Gumilar Tarik Surat Pemberhentian Ratna.jpg

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com