Sabtu, 19 April 2014

News / Edukasi

Universitas Brawijaya Juara Umum Pimnas 2012

Jumat, 13 Juli 2012 | 08:52 WIB

Baca juga

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang menjadi juara umum dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-25 yang berlangsung di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Piala Ardhikarta Kertawidya pun diboyong oleh tim Unibraw.

Unibraw dengan 24 timnya berhasil mengungguli sejumlah perguruan tinggi yang lebih diunggulkan karena mengirimkan lebih banyak tim di Pimnas kali ini, di antaranya Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan juara umum Pimnas 2011, Universitas Gadjah Mada (UGM).

Pada Pimnas tahun ini, IPB yang mengirimkan 31 tim berada di peringkat kedua. Sementara ITS Surabaya berada satu peringkat di bawahnya meski hanya mengirimkan 41 tim.

Unibraw bahkan menyapu bersih penghargaan setara emas di semua kelas kategori PKM Penelitian pada penilaian presentasi sehingga total memperoleh 6 penghargaan setara emas, unggul 1 angka dari IPB. Sebelumnya, Unibraw juga pernah meraih juara umum pada Pimnas 2008 dan 2009.

Pimnas ke-25 ini diikuti 400 tim dari seluruh Indonesia dengan melombakan 5 kategori Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) lama ditambah 1 kategori baru, PKM Karsa Cipta. Tim-tim tersebut lalu dibagi dalam 18 kelas berdasarkan kategori PKM. Terdapat 4 kelas PKM Penelitian, 4 PKM Pengabdian Masyarakat, 3 PKM Teknologi, 3 PKM Kewirausahaan, 3 PKM Karsa Cipta, dan 1 kelas PKM Gagasan Tertulis.

Sementara itu, ada dua aspek yang dinilai dari setiap tim, yaitu nilai presentasi berbobot 80 persen dan nilai pameran poster diberi bobot 20 persen. Setiap kelas akan menghasilkan pemenang pertama, kedua, dan ketiga atau setara emas, perak, dan perunggu di masing-masing aspek penilaian. Ada juga penghargaan favorit pada penilaian presentasi setiap kelas bagi tim yang menurut juri tidak memberikan presentasi terbaik, tetapi pantas diberi penghargaan.

Dari rekapituliasi jumlah penghargaan di 18 kelas dengan bobot yang sudah ditentukan, Unibraw mengantongi nilai tertinggi sehingga keluar sebagai juara umum. Sementara itu, penghargaan pameran non-PKM dimenangkan oleh ITS Surabaya.

Berikut adalah peringkat 10 besar Pimnas ke-25:
1. Universitas Brawijaya Malang
2. Institut Pertanian Bogor
3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
4. Universitas Airlangga Surabaya
5. Universitas Negeri Yogyakarta
6. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
7. Universitas Negeri Semarang
8. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara Malang
9. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
10. Universitas Padjadjaran Bandung


Penulis: Kontributor Yogyakarta, Gandang Sajarwo
Editor : Inggried Dwi Wedhaswary