Senin, 24 November 2014

News / Edukasi

Jumlah Peserta Ujian Mandiri Undip 2012, Turun

Senin, 23 Juli 2012 | 00:28 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Total peserta Ujian Mandiri (UM) Universitas Diponegoro Semarang pada tahun ini mengalami penurunan dibandingkan dengan jumlah peserta pada ujian serupa pada tahun lalu.

"Kami akui bahwa jumlah peserta UM Undip pada tahun ini mengalami penurunan sekitar seribu orang dibandingkan dengan UM tahun lalu," kata Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi di Semarang, Minggu (22/7/2012).

Menurut dia, penurunan jumlah peserta UM Undip pada tahun 2012 bisa disebabkan banyak hal, salah satunya karena banyak perguruan tinggi kedinasan yang sama-sama membuka pendaftaran mahasiswa baru.

Sebagian calon mahasiswa, kata Sudharto yang dikenal juga sebagai pakar ilmu lingkungan itu, tentunya ada yang lebih memiliki PT kedinasan tersebut dengan pertimbangan bisa langsung bekerja setelah lulus kuliah.

Meski demikian, dia mengatakan bahwa peminat Undip sampai saat ini tetap tinggi, terutama untuk program studi tertentu yang menjadi favorit, seperti Fakultas Kedokteran untuk bidang ilmu pengetahuan alam (IPA).

Ia menyebutkan bahwa peserta UM Undip pada tahun ini mencapai 14.944 orang yang terbagi atas 7.895 peserta bidang IPA, 4.750 peserta bidang IPS, 1.893 peserta IPC, dan 406 peserta tes lanjutan diploma tiga (D3).

Untuk program studi favorit bidang IPS, kata dia, di antaranya Akuntansi dan Manajemen pada Fakultas Ekonomi, kemudian Komunikasi dan Hubungan Internasional pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Dari sebanyak 14.944 peserta itu, dia menyebutkan Undip menyediakan kuota mahasiswa baru melalui jalur mandiri sebanyak 3.734 orang sehingga tingkat ketetatannya memang bervariasi sesuai program studi.

Selain itu, Rektor mengatakan bahwa biaya perkuliahan di Undip pada tahun ini relatif lebih murah atau turun sekitar 10-20 persen dibandingkan tahun lalu dengan adanya bantuan operasional perguruan tinggi negeri (BOPTN).

"Pemerintah berharap ke depannya sumbangan mahasiswa akan semakin turun dan kecil seiring dengan bantuan yang diberikan melalui BOPTN. Sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) dipastikan tidak naik," kata Sudharto.

Pelaksanaan UM Undip 2012 dilaksanakan di sejumlah kota besar, antara lain Jakarta, Bandung, Surabaya, Lampung, Pekanbaru, MEdan, Balikpapan, Pangkalan Bun, Denpasar, Makassar, dan tentunya Kota Semarang.


Editor : Benny N Joewono
Sumber: