Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengelola Waktu Belajar

Kompas.com - 23/07/2012, 09:59 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

KOMPAS.com - Dalam sehari, kita punya 24 jam untuk diisi dengan berbagai aktivitas. Akan tetapi, dengan waktu 24 jam ini, terkadang kita masih sulit untuk mengalokasikannya sebagai waktu belajar. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda membutuhkan strategi dalam mengelola waktu studi. Caranya, siapkan kerangka jadwal kegiatan yang akan Anda laksanakan dalam jangka waktu yang panjang terlebih dahulu.

Untuk mengawalinya, siapkan kalender Anda dan perbaharuilah tujuan hidup Anda. Perjelas apa yang akan Anda lakukan dalam jangka waktu yang panjang. Misalnya, sepuluh tahun ke depan, agar Anda dapat mengetahui tujuan hidup Anda.

Catatlah tugas yang berkaitan dengan studi Anda dan tanggal deadline untuk menyelesaikan tugas tersebut. Catat juga kegiatan-kegiatan yang akan Anda laksanakan di sekolah atau kampus, dan kegiatan yang akan Anda lakukan di luar kegiatan sekolah atau kampus tersebut.Untuk lebih memudahkan mengatur waktu belajar, buatlah jadwal mingguan agar Anda dapat terus me-refresh kegiatan yang akan dilakukan.

Siapkan jadwal mingguan
Hari Minggu merupakan hari yang tepat untuk merancang kegiatan seminggu ke depan setelah rehat dari aktivitas. Kegiatan yang dapat dilakukan pada hari tersebut adalah meninjau kembali jadwal harian yang sudah Anda tulis. Catat kegiatan di luar sekolah yang sudah Anda lakukan selama seminggu kemarin, pastikan kegiatan dan tugas mana saja yang sudah Anda selesaikan dalam seminggu terakhir untuk eveluasi hasil kerja Anda.

Buatlah jadwal harian
Setiap malam sebelum melakukan aktivitas belajar, siapkanlah jadwal harian mengenai kegiatan apa saja yang akan dilakukan esok hari. Jangan lupa cek list kegiatan yang sudah Anda laksanakan keesokan harinya

Jadwal mingguan Anda harus memiliki catatan yang lebih detail dari jadwal berjangka Anda. Jadwal harian harus memiliki detail yang lebih dalam dari pada jadwal mingguan Anda. Menggunakan kerangka waktu jangka panjang, jadwal mingguan, dan jadwal harian akan membantu untuk mengelola waktu terbaik Anda.

Selamat mencoba!

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com