Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Universitas Pasifik di Morotai

Kompas.com - 30/07/2012, 14:05 WIB
Kontributor Halmahera, Anton Abdul Karim

Penulis

MOROTAI, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara resmi mendirikan sebuah perguruan tinggi di Morotai. Perguruan tinggi itu dinamakan Universitas Pasifik. Mulai hari Senin (30/7/2012) ini, Universitas Pasifik membuka penerimaan mahasiswa baru.

Dengan berdirinya universitas ini, Morotai yang merupakan daerah otonom baru sejak tahun 2008 lalu, sudah memiliki dua buah universitas, yakni Universitas Muhammadiyah dan Universitas Pasifik.

Universitas Pasifik didirikan Pemkab Pulau Morotai melalui sebuah yayasan, yaitu Yayasan Pasifik yang diketuai langsung Sekertaris Daerah Pulau Morotai, Mohdar S Arif. Untuk operasionalnya, dibiayai kolektif antara pemerintah daerah dan yayasan. 

"Kini Morotai sudah punya Universitas yang namanya Universitas Pasifik. Jadi saya minta kepada para orang tua agar menguliahkan anaknya di universitas ini," kata Mohdar S Arif, Senin (30/7/2012).

Meski terbilang baru, Universitas Pasifik sudah membuka enam fakultas, yaitu Fakultas Perikanan dan Kelautan, Fakultas Kesehatan, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Dari 6 Fakultas ini, terdapat 12 program studi. Saat pertama kali membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru, para panitia langsung dibanjiri para lulusan SMA.

"Sampai siang ini sudah sekitar 40-an orang yang datang ambil formulir pendaftaran. Mereka datang langsung, karena setelah pengambilan formulir, lalu dikembalikan lagi," jelas Nurnain, salah satu petugas pendaftaran Universitas Pasifik.

Pelaksanaan pendaftaran mahasiswa baru sendiri dilakukan di Gedung SMAN 1 Morotai, karena Universitas Pasifik belum memiliki gedung rektorat.

"Gedung rektoratnya sementara lagi dibangun. Kita berharap pihak rekanan dapat mempercepat pembangunannya agar dalam beberapa bulan ini langsung digunakan," kata Mohdar.

Sementara itu, untuk perkuliahan, Pemkab Morotai dan Yayasan PAsifik masih akan menggunakan sejumlah gedung sekolah, di antaranya SMAN 1, SMA Muhammadiyah, dan MA Gotalamo.

Bupati Pulau Morotai Rusli Sibua mengatakan, Universitas Pasifik  telah melakukan kerja sama dengan Universitas Khairun (Unkhair) Ternate, berupa pertukaran dosen dan pemakaian alat praktik.

"Target kita kedepan, Univesitas Pasifik tidak hanya menjadi tempat kuliah bagi orang orang Morotai. Tapi juga bagi orang-orang Jepang dan Hongkong pun bisa kuliah di Unpas karena jarak tempuh ke Morotai hanya memakan waktu 3 jam," harap Rusli.

Rektor Universitas Khairun Ternate Gufran Ali Ibrahim menargetkan, Universitas Pasifik akan menjadi universitas negeri dalam jangka waktu 5 tahun ke depan. Pihaknya bersedia membantu yayasan Pasifik untuk mendirikan dan mengelola Universitas Pasifik.

"Ada upaya dari Pemerintah pusat untuk memajukan daerah tertinggal, terluar, dan terdepan. Morotai ada dalam tiga bingkai ini, Sehingga dalam waktu 5 tahun kedepan saya optimis Universitas Pasifik sudah bisa dinegerikan," kata Gufran. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com