Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip "Pabrik" Baru Google yang Unik

Kompas.com - 31/07/2012, 14:58 WIB

PITTSBURG, KOMPAS.com - Untuk urusan kreativitas ruang kantor, Google adalah salah satu perusahaan cukup serius berkaitan kenyamanan kerja karyawannya. Ini terlihat pada kantor baru Google di Pittsburg, California, Amerika Serikat, yang sebelumnya adalah sebuah pabrik tua dengan luas 45.000 meter persegi.

Mengutip laman Inhabitat, kantor baru Google di Pittsburg ini adalah sebuah bangunan lama yang kemudian diolah dengan mempertahankan konstruksi seperti bangunan aslinya. Mengusung konsep “reuse”, Google mencoba menerapkan konsep gedung berkelanjutan, yang beradaptasi memanfaatkan bangunan lama menjadi sebuah tempat baru berdaya guna. Seolah menular, bangunan dan lingkungan di sekitar kantor yang dulunya adalah pabrik bernama Nabisco, pun ikut berbenah.

Kantor “pabrik” Google ini didesain oleh perusahaan arsitektur lokal bernama Strada. Menurut Strada, kantor ini tidak hanya mempertahankan suasana pabrik seperti fungsi gedung sebelumnya, tetapi juga menyodorkan pemandangan seluruh Kota Pittsburg.

Di dalamnya, interior kantor terinspirasi dari Kennywood Amusement Park, yakni sebuah taman terkenal di Pittsburg. Rancangan ini memadukan nuansa bangunan asli pabrik dengan sentuhan modern di dalamnya.

Rangka penyangga bangunan pabrik sebelumnya dipertahankan, pencahayaan gedung dibuat secara alamiah, dan suasana kantor dibuat ceria dan playfull, sehingga para karyawan Google pun dapat bekerja nyaman seolah bukan di ruang kantor. Konon, ide brilian ini didapatkan dengan bantuan para karyawan Google sendiri.

Ya, selama empat hari, para karyawan diminta menyumbang saran untuk menentukan rupa ideal sebuah ruang kerja, termasuk apapun hal yang disukai maupun sebaliknya di kantor ini. Semua itu lalu dirangkum hingga terwujud menjadi sebuah kantor unik, yang lain dari biasanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com