Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Kompetensi, Banyak Guru Gagap Teknologi

Kompas.com - 02/08/2012, 08:44 WIB

BINJAI, KOMPAS.com - Banyak peserta yang mengikuti uji kompetensi guru (UKG) di Binjai, Sumatera Utara, gagap teknologi. UKG yang digelar secara online, mengharuskan para guru berhubungan dengan perangkat komputer. Kegagapan teknologi para guru ini cukup membuat pengawas "kewalahan" membimbing peserta ujian.

"Cukup banyak juga guru yang gagap teknologi pada UKG kali ini," kata salah seorang pengawas ujian, M Turhanum, di Binjai, Rabu (1/8/2012).

Ia mengatakan, sekitar 1.610 orang guru mengikuti ujian yang dilaksanakan secara serentak sejak 30 Juli 2012. Ujian ini dilakukan dengan menggunakan jaringan internet yang dipandu panitia dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta. Akibatnya, terjadi sejumlah kendala di berbagai daerah, terutama soal koneksi internet. Turhanum mengatakan, belum lagi jika server yang tidak terhubung ke server panitia ujian di Jakarta.

Ada pun, di Binjai, kata Turhanum, kendala utamanya justru para guru peserta ujian yang gagap teknologi dan tidak menguasai pengoperasian komputer. Seperti yang dilaksanakan di SMP Negeri I Binjai, di mana sejumlah guru terlihat kesulitan memakai komputer. 

"Kami tidak bisa bertindak apa-apa selain membantu para peserta ujian untuk mengoperasikan komputer," katanya.

Seharusnya, para peserta, apalagi guru-guru sudah bisa menggunakan internet dan komputer. Tetapi, kenyataannya tidak demikian. Selain itu, kendala lainnya, kata Turhanum, uji kompetensi guru yang sudah tersertifikasi untuk guru SMK ditunda karena adanya perbedaan data bidang profesi di data server panitia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com