Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Gagal Diakses, Guru Tunggu Sampai Oktober

Kompas.com - 02/08/2012, 15:50 WIB
Ali Sobri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Permasalahan penyelenggaraan uji kompetensi guru (UKG) di berbagai daerah juga terjadi di SMAN 70, Bulungan, Jakarta. Sampai dengan penyelenggaraan hari keempat, Kamis (2/8/2012) siang, persoalan yang dihadapi masih sama.

Selain koneksi server yang lambat, peserta UKG yang mengikuti ujian di sekolah ini secara online, juga mengeluhkan soal. Akibat masalah soal ini, sejumlah peserta harus mengikuti UKG gelombang selanjutnya.

"Terpaksa mereka akan menyusul ikut UKG bulan Oktober nanti," ucap pengawas UKG dari Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LMPM) Yejti Budhiarsih, kepada Kompas.com.

Sejumlah peserta gagal mengakses soal sama sekali. Tiga mata pelajaran yang gagal diakses dalam UKG di sekolah ini adalah Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), dan Bimbingan Konseling (BI).

"Sosialiasi teknis cukup baik diterima peserta, makanya sudah tidak lagi banyak yang tanya. Tetapi memang hari ini ada tiga mata pelajaran yang gagal diakses peserta," katanya.

Seperti biasa, ujian ini dilakukan dengan menggunakan jaringan internet sebanyak 100 soal. Peserta dipandu panitia dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta. Selain gagal mengakses, sejumlah peserta juga mengalami kendala terkait isi soal yang dinilai masih berantakan.

"Kurang sistematis, kadang ada soal yang diulang atau serupa. Kalimatnya juga masih kurang komunikatif, jadi perlu dibaca ulang," ujar salah seorang peserta dari kelompok guru SMA Don Bosco, Jakarta Timur.

"Ada juga soal yang menurut kami nggak ada jawabannya, sekitar 6 sampai 7 soal, saya lihat ada soal reaksi kimia yang tidak setara," ucap Widodo (46) guru kimia, yang mengaku sudah berulang kali mereaksikan persamaan kimia yang dikuasainya.

Menurut pantauan Kompas.com, sejumlah peserta juga tampak masih belum lancar mengerjakan soal secara online. Pada menit terakhir, banyak peserta meminta bantuan operator untuk membantu mengetahui soal yang belum dikerjakan dan meminta lagi petunjuk melihat skor nilai usai mengerjakan seratus soal tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com