Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemdikbud: Banyak yang Berhasil, UKG Dilanjutkan

Kompas.com - 02/08/2012, 18:36 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski diwarnai banyak kritik, penyelenggaraan gelombang pertama Uji Kompetensi Guru (UKG) secara online tetap dilanjutkan sesuai jadwal, sampai 12 Agustus mendatang. Semua guru peserta yang gagal mengikuti UKG di gelombang pertama dijadwalkan untuk mengikuti gelombang kedua yang akan digelar mulai 2 Oktober 2012 mendatang.

"Semua tempat uji kompetensi yang lancar harus dilanjutkan, kecuali yang bermasalah ditunda sampai Oktober," seperti disampaikan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidik (BPSDMP-PMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Syawal Gultom melalui pesan singkatnya, Kamis (2/8/2012) sore, di Jakarta.

Syawal mengatakan, langkah ini diambil karena Kemdikbud mencatat bahwa pelaksanaan UKG di sejumlah daerah berjalan dengan baik, misalnya di Bangka Belitung, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Selatan yang mencatat keberhasilan seratus persen.

"Jangan dilihat yang gagal saja, yang berjalan baik juga banyak. Apa harus dihentikan?," ungkapnya.

Kemdikbud, lanjutnya, juga telah menginstruksikan seluruh penyelenggara uji kompetensi untuk memberitahukan jadwal ujian gelombang kedua kepada guru peserta. Dengan demikian, para guru tidak perlu datang ke lokasi ujian dan meninggalkan peserta didiknya.

"Di tempat yang server-nya ngadat sudah diumumkan ditunda sampai Oktober, jadi guru tidak perlu datang ke lokasi ujian," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, kritik pedas terhadap pelaksanaan UKG mengalir deras menyusul banyaknya masalah saat pelaksanaan ujian. Akibat kegagalan baik akibat ketidaksiapan infrastruktur maupun kualitas soal, Kemdikbud didesak untuk menghentikan penyelenggaraan UKG online sebelum siap sehingga tak ada pihak yang dirugikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com