Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemdikbud Jamin UKG Kedua Berjalan Lancar

Kompas.com - 03/08/2012, 10:31 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) memastikan pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) di gelombang kedua akan berjalan lebih baik. Kementerian menjamin, gelombang kedua yang digelar mulai 2 Oktober 2012 akan berhasil seratus persen.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidik (BPSDMP-PMP) Kemdikbud, Syawal Gultom menjamin, UKG gelombang kedua tak akan tersandung masalah kevalidan data dan ketidaksiapan infrastruktur lainnya.

"Gelombang kedua tak akan lagi ada perbedaan data dan gangguan internet," kata Syawal melalui pesan singkat, Kamis (2/8/2012) sore.

Syawal menjelaskan, kesuksesan UKG di gelombang kedua ditentukan oleh perbaikan atas segala kendala di gelombang pertama. Dia optimis, perbedaan data dan ganguan internet tidak akan terjadi lagi.

"Semua akan lebih baik karena yang dipanggil hanya guru yang sudah submit," pungkasnya.

Sampai hari keempat UKG digelar, sejumlah permasalahan masih saja ditemui. Umumnya, para guru gagal mengikuti UKG lantaran tersandung masalah ketidaksiapan infrastruktur dan perbedaan data guru peserta.

Atas dasar itu, banyak pihak mendesak agar UKG dihentikan sebelum dipersiapkan dengan lebih baik. Akan tetapi, Kemdikbud mengklaim banyak daerah 90 persen sukses menggelar UKG.

UKG diikuti 1.020.000 guru tersertifikasi. Pelaksanaannya lahir atas inisiatif pemerintah untuk memetakan kompetensi guru. Hasil UKG akan digunakan sebagai data awal pengembangan mutu para guru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com