Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tunggu Data Valid, BOS Daerah Malang Telat Cair

Kompas.com - 04/08/2012, 16:47 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Pencairan dana bantuan operasional sekolah daerah (BOS daerah) untuk triwulan ketiga di Kota Malang dipastikan terlambat. Pasalnya, Dinas Pendidikan Kota Malang masih dalam tahap memperbarui data terbaru siswa penerima dana BOS daerah.

Kabid Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan kota Malang, Suwarjana, mengatakan, pihaknya sengaja tidak mencairkan dana BOS daerah ini pada awal Juli karena menunggu rampungnya pembaruan data siswa penerima.

"Kalau kami paksakan turun, nanti kami bakal kesulitan menambah atau mengembalikan dana dari pemerintah," katanya, Sabtu (4/8/2012).

Pedoman pelaksanaan pengembalian dana lebih, lanjutnya, masih belum jelas. Oleh karena itu, ketimbang repot di akhir, pihaknya memilih untuk menunggu data yang valid. Lagipula, menurut Suwarjana, sekolah bisa terlebih dulu menggunakan dana BOS nasional sudah cair terlebih dulu.

Suwarjana memastikan bahwa data para siswa penerima akan rampung pada pekan ini. Setiap sekolah diimbau untuk menyerahkan surat pertanggungjawaban (SPJ) penggunaan BOS daerah pada triwulan kedua.

"Untuk pencairan Bosda triwulan ke-tiga, memang harus menggunakan SPJ triwulan kedua," tambahnya.

Saat ini, jumlah siswa SMP penerima dana BOS daerah sebanyak 35.450 siswa dengan jumlah yang diterima setiap siswa Rp 21.500 per bulan. Sementara itu, setiap siswa SD menerima Rp 16.750 per bulan. Saat ii, ada 77.647 siswa yang menerima dana BOS daerah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com