Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gumilar Belum Mendaftar Kembali Jadi Calon Rektor

Kompas.com - 07/08/2012, 15:50 WIB
Indra Akuntono

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com - Ketua Panitia Khusus Pemilihan Rektor (Pansus Pilrek) UI, Endriantono Sutarto, membantah bahwa Rektor UI saat ini, Gumilar Rusliwa Somantri, sudah mendaftarkan diri kembali sebagai calon rektor periode 2012-2017. Hal itu disampaikannya menyusul kabar yang menyebutkan Gumilar telah mencalonkan diri kembali sebagai rektor di pilrek berikutnya.

"Kami belum menerima pendaftar atas nama Rektor UI saat ini," kata Endriantono, Selasa (7/8/2012), di kampus UI, Depok.

Dia menambahkan, secara aturan Gumilar tetap berhak mencalonkan diri kembali sebagai Rektor UI untuk periode selanjutnya. Akan tetapi, semua persyaratan yang diberlakukan tetap harus dipenuhi jika Gumilar benar-benar mencalonkan diri.

"Boleh saja, itu kan hak beliau dan tak bisa dihalangi. Tidak ada larangan untuk kembali mencalonkan diri, asalkan persyaratannya sama-sama dipenuhi," tuturnya.

Kabar bahwa Gumilar akan mencalonkan diri kembali sebagai Rektor UI menguat setelah dirinya memutuskan tidak memperpanjang masa jabatan sampai UI memiliki rektor baru. Masa kepemimpinan Gumilar akan berakhir pada 14 Agustus 2012 mendatang dan rektor baru akan terpilih pada tanggal 9 Oktober.

Atas alasan itu, Majelis Wali Amanat (MWA) UI melalui suratnya meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh memilih pejabat sementara (rektor) yang berasal dari pejabat eselon 1 di lingkungan Kemdikbud. Hari ini, Mendikbud mengaku telah mengantongi nama untuk mengisi posisi Rektor UI untuk sementara. Namun, Mendikbud masih enggan menyebutkan nama calonnya.

Sebementara itu, sebelumnya, Kepala Kantor Komunikasi UI, Siane Indriani mengakui kemungkinan Gumilar kembali mencalonkan diri. Namun, belum ada keputusan final karena Gumilar masih fokus menjalankan tugasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com