Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/08/2012, 11:21 WIB
Caroline Damanik

Penulis

KOMPAS.com - University of Twente di Belanda membuka kesempatan untuk para lulusan sarjana dari luar Eropa untuk melanjutkan studi pascasarjana melalui program University Twente Scholarships (UTS). Batas waktu aplikasi beasiswa berbagai bidang studi ini dibuka hingga 15 Desember 2012.

Bidang studi yang ditawarkan meliputi matematika terapan, fisika terapan, rekayasa biomedis, administrasi bisnis, teknologi informasi bisnis, teknik kimia, manajemen dan teknik sipil, ilmu komunikasi, ilmu komputer, teknik dan manajemen kostruksi, ilmu dan teknologi pendidikan, teknik elektro, embedded system, kajian Eropa, ilmu kesehatan, interaksi media dan manusia, teknik desain industri, manajemen dan teknik industri, manajeman lingkungan dan energi, teknik mesin, teknologi nano, filsafat ilmu pengetahuan, teknologi dan masyarakat, administrasi publik, ilmu kependidikan dan komunikasi. teknologi energi yang dapat diperbarui, sistem dan kontrol, serta telematika.

Penyelengara memberikan dua opsi jumlah beasiswa untuk masa belajar selama satu tahun dan dua tahun. Pelamar hanya bisa memilih salah satu dari opsi ini. Jumlah yang disebutkan diberikan per tahun studi, yaitu 22.500 euro untuk dua tahun, 20.000 euro untuk satu tahun, 12.500 euro untuk dua tahun dan 10.000 euro untuk satu tahun.

Pengecualian opsi di atas untuk program dua tahun bidang studi filsafat ilmu pengetahuan, teknologi dan masyarakat dan bidang studi non-teknik hanya memiliki opsi, yaitu beasiswa besar 20.000 euro dan beasiswa kecil 10.000 euro.

Untuk mengikuti program beasiswa ini, pelamar harus sudah diterima atau sementara diterima di salah satu program pascasarjana bidang syudi yang dituju sebelum tanggal 1 Desember (gelombang 1) dan 15 Maret (gelombang 2).

Pelamar juga harus lulus dengan indeks prestasi kumulatif yang sangat baik dan sudah memperoleh visa untuk tinggal di Belanda. Syarat kemampuan bahasa Inggris IELTS 6,5 atau TOEFL iBT dari 90 dan tambahan nilai 6,0 untuk IELTS atau tambahan nilai 20 untuk TOEFL iBT untuk kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris.

Untuk mendaftar, silahkan kirimkan nama lengkap, nomor pengenal mahasiswa, program bidang studi pascasarjana yang telah menerima Anda, dan surat tanda diterima sebagai lampiran ke scholarship@so.utwente.nl. Informasi lebih lanjut mengenai beasiswa ini bisa dilihat di laman resminya di www.utwente.nl.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com