Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/08/2012, 15:34 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan memberikan penghargaan pada provinsi dan kabupaten/kota yang memiliki lembaga Pendidikan Anak Usia Dini unggulan (PAUD unggulan) di setiap desanya. Dari penulusuran Kompas.com, Provinsi DI Yogyakarta adalah calon terkuat penerima penghargaan itu.

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal dan Informal (PAUDNI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Lidya Freyani Hawadi, menjelaskan, DI Yogyakarta menjadi calon terkuat provinsi penerima penghargaan lantaran telah memenuhi kriteria pemilihan, yaitu memiliki kabupaten yang menyelenggarakan PAUD di setiap desanya.

"Lima kabupaten di DI Yogyakarta sudah memenuhi satu PAUD di setiap desa," kata Lidya, Rabu (8/8/2012), di gedung Kemdikbud, Jakarta.

Lidya, yang akrab disapa Reni Akbar ini menambahkan, untuk tingkat kabupaten, Bondowoso adalah calon terkuat penerima penghargaan serupa. Akan tetapi, hal ini belum sampai di keputusan final, karena tim penilai dari Direktorat Jenderal PAUDNI Kemdikbud terus melakukan verivfikasi data di daerah lainnya.

"Kabupaten lain yang berhasil memiliki PAUD di setiap desa itu Bondowoso, tetapi masih kita verifikasi terus, siapa tahu ada daerah yang datanya belum valid," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, pemberian penghargaan kepada provinsi dan kabupaten/kota yang berhasil menyelenggarakan PAUD di setiap desa merupakan strategi pemerintah untuk merangsang partisipasi daerah pada dunia PAUD. Hal ini juga bertujuan mendongkrak Angka Partisipasi Kasar (APK) PAUDNI yang saat ini masih tertahan di angka 34,5 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com