Jumat, 31 Oktober 2014

News / Edukasi

Panduan Studi

7 Kunci Sukses Belajar

Kamis, 9 Agustus 2012 | 10:15 WIB

Terkait

KOMPAS.com - Bagaimana cara Anda belajar? Jika pertanyaan ini diajukan kepada para siswa, kemungkinan, jawabannya akan beragam. Misalnya, akan ada yang menjawab semalam sebelum ujian, tidur bersama buku teks, atau belajar kelompok.  

Bahkan mungkin, tak satu pun jawaban yang bagus akan Anda dapatkan. Hal ini menunjukkan, banyak siswa yang tak tahu bagaimana cara belajar yang baik. Kebanyakan orang berpikir bahwa belajar adalah apa yang Anda lakukan tepat sebelum ujian. Kenyataannya, belajar seharusnya menjadi bagian dari rutinitas harian Anda sebagai siswa atau mahasiswa. Caranya, bisa dimulai dengan menerapkannya pada hari pertama Anda memulai kelas dan mengakhirinya pada saat ujian berakhir.
 
Jika Anda memiliki keinginan yang kuat untuk sukses dalam belajar, bisa mengerjakan ujian dengan baik dan benar-benar belajar sesuatu, cobalah tujuh kunci sukses ini dan Anda akan membentuk kebiasaan belajar yang lebih baik!

1.  Bacalah seluruh silabus
Silabus sebuah pelajaran atau perkuliahan pada dasarnya merupakan kontrak antara siswa dan pengajar yang mengantarkan Anda mengetahui tugas dan materi apa yang akan Anda dapatkan.

Biasanya, silabus berisi garis besar terkait kompetensi, konsep, dan skill yang akan Anda pelajari di kelas. Ketahuilah apa tujuan setiap kelas yang Anda ikuti dan ini akan mengantarkan Anda sukses mengikuti pelajaran tersebut.

2. Mengatur/menandai kalender

Setelah Anda tahu tugas yang akan dihadapi, buatlah penandaan pada kalender kapan tugas tersebut akan jatuh tempo. Buatlah catatan tentang bahan bacaan yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan tugas tersebut. Lakukan ini setiap sebelum mengikuti kelas.

3. Baca materi

Siswa sering sekali mengabaikan tugas membaca atau membaca bahan tanpa memahami materi pelajaran. Padahal, membaca adalah bagian penting dari kesuksesan belajar. Agar efektif, Anda bisa menandai atau menggarisbawahi kata-kata kunci dan bagian penting dari yang Anda baca. Jika terkait tugas, jangan lupa untuk menandai bagian yang mungkin akan menghubungkan Anda dengan tugas lainnya. Hal ini akan memudahkan untuk menemukannya jika suatu saat Anda membutuhkan bagian itu.
     
4. Membangun kosa kata sendiri
Setelah membaca, cobalah tandai kata-kata atau kosa kata yang Anda sendiri tidak familiar dan cari tahu di kamus. Simpan, buat definisinya, sehingga akan memudahkan Anda jika suatu saat menemukan kata itu kembali.
     
5. Menulis ulang catatan
Terlepas dari apakah kelas Anda digelar secara online atau tatap muka, membuat catatan selama kelas berlangsung adalah hal yang penting. Biasakan menulis ulang atau ketik catatan Anda setelah kelas berlangsung, tambahkan informasiyang relevan dari buku pegangan. Ini akan memudahkan Anda dalam mengingat materinya. 
     
6. Gunakan panduan studi
Jika buku teks yang menjadi bahan pelajaran tidak menyertakan panduan studi, kunjungilah situs web penerbit buku teks tersebut. Di sana, Anda akan banyak menemukan panduan studi, kuis-kuis, atau materi yang lebih banyak.
     
7. Aplikasikan yang sudah Anda pelajari
Cobalah untuk mengaplikasikan apa yang sudah Anda pelajari di kelas dalam situasi nyata. Akhirnya, coba untuk menjelaskan apa yang sudah Anda pelajari kepada orang lain. Jika Anda bisa melakukan ini, percayalah, Anda sudah cukup menguasai materi yang Anda pelajari.  

Selamat belajar!

 


Penulis: Inggried DW
Editor : Inggried Dwi Wedhaswary
Sumber: