Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendikbud : Dana untuk BOS SMA Ada

Kompas.com - 11/08/2012, 20:57 WIB
Indra Akuntono

Penulis

BEKASI, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menjamin ketersediaan dana untuk mendukung berjalannya Bantuan Operasional Sekolah (BOS) jenjang SMA. Dana tersebut digelontorkan untuk menunjang program wajib belajar 12 tahun yang akan dimulai tahun depan.

"Tidak penting sumber dananya ada di pos anggaran mana, yang penting dananya ada," kata Nuh, di Cibitung, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (11/8/2012). Untuk diketahui, alokasi anggaran untuk BOS SMA ini kabarnya akan diambil dari Dana Alokasi Umum (DAU).

Dalam Pagu indikatif anggaran fungsi pendidikan tahun depan, DAU 2013 menyentuh angka Rp 125 triliun. Namun diketahui kemudian, DAU 2013 hanya memerlukan anggaran sebesar Rp 113 triliun. Itu berarti ada anggaran lebih sebesar Rp 12 triliun.

Disampaikan Nuh, belum dapat dipastikan dari mana nantinya sumber dana untuk BOS jenjang SMA karena di beberapa pos anggaran lain, juga masih ada pos anggaran yang memiliki kelebihan anggaran, misalnya untuk pendidikan dasar. Akan tetapi semuanya masih dibahas pemerintah bersama DPR.

Rintisan BOS jenjang SMA sudah mulai disalurkan di pertengahan tahun 2012. Akan tetapi unit cost-nya masih sangat kecil, yakni hanya Rp 120.000 per anak per tahun.

Rintisan BOS SMA sengaja digelontorkan dalam jumlah minim untuk melatih dan menguji coba sistem penyalurannya. Setelah dinilai berhasil, mulai 2013 jumlahnya naik dengan signifikan. Yakni mencapai Rp 1 juta per anak per tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com