Kamis, 24 April 2014

News / Edukasi

Rp 1,6 T untuk Pendidikan Gratis 12 Tahun

Senin, 13 Agustus 2012 | 10:53 WIB

Baca juga

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Pendidikan DKI Jakarta menggelontorkan dana sekitar Rp 1,6 triliun untuk menyokong Program Pendidikan Gratis 12 Tahun. Dana sebesar itu dialokasikan untuk menutupi seluruh kebutuhan operasional pendidikan, khususnya di jenjang SMA.

"Anggaran totalnya sekitar itu, tetapi akan ada penambahan lagi dari anggaran perubahan," kata Taufik kepada Kompas.com, Senin (13/8/2012), di Jakarta.

Dia menambahkan, di luar jumlah tersebut, ada juga anggaran tambahan sebesar Rp 675 miliar. Anggaran itu ditujukan untuk meningkatkan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) di jenjang SMA. Unit cost yang awalnya hanya Rp 75 ribu akan naik tajam ke angka Rp 400 ribu per siswa per bulan mulai tahun ajaran 2012/2013.

"Tentu anggarannya kita siapkan, termasuk meningkatkan unit cost BOP," ujarnya.

Dijumpai terpisah, Koordinator Divisi Monitoring Pelayanan Publik, Indonesia Corruption Watch (ICW), Febri Hendri mempertanyakan kesiapan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menjalankan Program Pendidikan Gratis. Khususnya mengenai persentase kebutuhan operasional sekolah yang akan ditutup oleh pemerintah DKI Jakarta.

Pasalnya, selama ini sebagian besar biaya operasional sekolah jenjang SMA ditanggung oleh orangtua siswa. Sekitar 60 persen biaya operasional dan investasi sekolah menengah menjadi beban orangtua siswa.

"Berapa persen Pemprov DKI Jakarta akan meng-cover biaya operasional pendidikan menengah? Apa iya semuanya?," tanya Febri.


Penulis: Indra Akuntono
Editor : Caroline Damanik