Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Djoko Santoso Resmi Jabat Pjs Rektor UI

Kompas.com - 14/08/2012, 11:47 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gumilar Rusliwa Somantri resmi melepaskan jabatannya sebagai Rektor Universitas Indonesia (UI). Selanjutnya, kepemimpinan UI resmi diserahkan kepada Pejabat Sementara (Pjs) Rektor UI, Djoko Santoso. Serah terima jabatan (sertijab) dilakukan hari ini, Selasa (14/8/2012), di Gedung Kemendikbud, Jakarta.

Dalam laporannya di acara sertijab Rektor UI, Gumilar mengungkapkan kebahagiaannya karena UI akan memiliki rektor baru yang menggantikan posisinya. Meski sifatnya hanya sementara, Gumilar menilai, Djoko Santoso memiliki kompetensi dan latar belakang yang sesuai untuk memimpin UI selama sekitar tiga bulan ke depan.

"Dengan bahagia kami sambut Djoko Santoso melaksanakan tugasnya sampai Oktober nanti," kata Gumilar dalam acara serah terima jabatan tersebut.

Gumilar menambahkan, Pjs Rektor UI memiliki tiga pekerjaan yang sifatnya sangat penting dan menjadi hal utama. Ketiga hal itu adalah merumuskan Peraturan Pemerintah (PP) baru mengenai statuta UI, penganggaran, dan melancarkan pelaksanaan pemilihan rektor yang baru.

"Kami yakin para wakil rektor akan membantu dan mengawal. Dan secara informal, sebagai mantan rektor dan dosen, saya juga siap membantu," ungkap Gumilar.

Terakhir, ia berharap semua pihak dapat bersama-sama membangun UI dengan niat yang baik dan bersih. Menurutnya, selama lima tahun masa kepemimpinannya, mungkin saja ada khilaf di dalamnya, tetapi ia menilai itu sebagai bagian dari perubahan UI yang lebih baik.

"Perubahan besar dan cepat, tentu ada kelemahan. Tapi jadikan itu pemicu semangat untuk perubahan yang lebih baik," kata Gumilar.

Penunjukan Djoko Santoso, yang kini menjabat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi sebagai Pjs Rektor UI, sesuai dengan perintah Mendikbud Mohammad Nuh. Hal itu sesuai dengan permintaan Majelis Wali Amanat (MWA) UI yang meminta pejabat eselon satu di lingkungan Kemendikbud untuk menjadi rektor sementara UI. Djoko sendiri dinilai berkompeten karena pernah menjabat sebagai Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) pada periode 2005-2010. 

Adapun masa Pilrek UI dimulai pada 8 Agustus 2012, dan hasil akhirnya akan diketahui pada 9 Oktober 2012 setelah MWA UI memilih seorang calon rektor dari beberapa calon yang lolos seleksi Senat Akademik Universitas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com