Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Warnai Serah Terima Jabatan Rektor UI

Kompas.com - 14/08/2012, 13:56 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Acara serah terima jabatan (sertijab) Rektor Universitas Indonesia (UI) yang berlangsung di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Selasa (14/8/2012), diwarnai aksi unjuk rasa. Sekitar 30 mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-UI "menggruduk" Gedung Kemdikbud.

Sertijab Rektor UI dilaksanakan pagi ini, pukul 10.00 WIB di lantai III Gedung D, Kemdikbud. Penjagaan dari pihak keamanan juga tampak sangat ketat, berbeda jika dibandingkan dengan sertijab rektor-rektor dari kampus negeri lainnya. Bahkan, tidak semua wartawan diizinkan masuk ke ruang acara.

Sekitar pukul 11.00 WIB, sesaat setelah acara sertijab selesai dilaksanakan, di luar ruang acara ada beberapa mahasiswa dari BEM se-UI yang berdiri persis di depan pintu keluar dan membentangkan poster-poster berisi sindiran pedas terhadap Rektor UI, Gumilar Rusliwa Somantri.

Secara umum, tulisan di poster-poster itu berisi kekecewaan mahasiswa terhadap kepemimpinan Gumilar, dan menolak yang bersangkutan untuk kembali mencalonkan diri sebagai Rektor UI di masa pemilihan rektor selanjutnya.

Akan tetapi aksi yang digelar sejumlah mahasiswa itu tidak berlangsung lama. Hanya dalam hitungan menit, petugas keamanan gedung meminta mahasiswa melipat poster dan membubarkan diri.

Kompas.com sendiri menangkap gerak tubuh Gumilar saat menyaksikan mahasiswanya menyerukan aksi menolak kepemimpinannya. Dengan tenang, Gumilar menghampiri kumpulan mahasiswa sembari menyalami dan melemparkan senyum, sebelum akhirnya meninggalkan lokasi acara.

Beberapa mahasiswa akhirnya membubarkan diri, dan sebagian lainnya ikut masuk ke dalam ruang rapat tertutup yang digelar antara MWA dan Pejabat Sementara Rektor UI, Djoko Santoso, dan beberapa Wakil Rektor UI.

Djoko Santoso resmi menjadi Rektor UI sementara atas perintah Mendikbud Mohammad Nuh. Hal itu sesuai dengan permintaan Majelis Wali Amanat (MWA) UI yang meminta Mendikbud untuk mencarikan rektor sementara UI dari pejabat eselon satu di lingkungan Kemdikbud.

Djoko Santoso akan memimpin UI sampai masa pemilihan rektor (Pilrek) UI selesai. Adapun, masa Pilrek UI dimulai pada 8 Agustus 2012 dan hasil akhirnya akan diketahui pada 9 Oktober 2012 setelah MWA UI memilih seorang calon rektor dari beberapa calon yang lolos seleksi Senat Akademik Universitas.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com