Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diterima di PTN, Siswa SMA Lampung Dapat Tali Asih

Kompas.com - 22/08/2012, 16:20 WIB

LAMPUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung memberikan tali asih Rp 136 juta bagi lulusan SMA sederajat daerah itu, yang diterima di perguruan tinggi negeri tahun 2012.

"Dana tersebut diberikan Bupati Mukhlis Basri kepada 136 orang, masing-masing mendapatkan Rp 1 juta," kata Kabag Humas dan Protokol Pemkab Lambar, Burlianto Eka Putra, di Liwa, saat dihubungi melalui telepon genggamnya dari Waykanan, Rabu (22/8/2012).

Sebanyak 136 lulusan yang mendapatkan tali asih itu, kata Burlianto lagi, diterima di PTN yang ada di pulau Sumatra dan Jawa dengan melalui jalur undangan/tanpa tes, tes tertulis/Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), dan bidik misi pada PTN jenjang Strata 1.

"Pada PTN yang menyelenggarakan SNMPTN secara bersama," kata Burlianto seraya menegaskan jika kegiatan pemberian tali asih seperti itu sudah berlangsung sejak tahun 2008.

Sebanyak 11 siswa penerima tali asih yang diterima di PTN berasal dari SMAN 1 Sumberjaya, lalu tiga orang SMAN 1 Kebuntebu, lantas 43 orang SMAN 1 Waytenong.

Selanjutnya dari SMAN 1 Sekincau sebanyak dua orang, kemudian dari SMAN 1 Belalau 10 orang, dan dari SMAN 1 Liwa sebanyak 33 orang.

"Dari SMAN 1 Sukau satu orang, lalu dari SMAN 1 Pesisir tengah 29 orang, kemudian dari SMAN 1 Lemong satu orang, lantas dari SMAN1 Pesisirselatan 5 orang, dan dari SMAN 1 Ngambur satu orang," kata Burlianto.

Sementara untuk pelajar SMKN, kata dia, sebanyak empat orang berasal dari SMKN 1 Liwa, SMKN Pesisirtengah satu orang, dari MAN Krui sebanyak tujuh orang dan dari MAN Liwa sebanyak dua orang.

Sebanyak 86 orang pelajar dari daerah itu menurut Burlianto diterima di Universitas Lampung. Lalu 17 orang diterima di Universitas Bengkulu, dan tiga orang diterima di Universitas Diponegoro.

"Sebanyak empat orang diterima di Univeristas Gajah Mada, lalu dua orang diterima di Universitas Brawijaya," katanya.

Sementara untuk yang diterima diterima di Universitas Negeri Yogyakarta sejumlah lima orang. "Pelajar Lampung Barat yang diterima di Institut Pertanian Bogor sejumlah sembilan orang, lalu yang diterima di Universitas Negeri Sebelas Maret, Solo ada dua orang," ia menjelaskan.

Adapun yang diterima di Universitas Jendral Sudirman, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Universitas Jember, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Indonesia, Universitas Sriwijaya, dan Universitas Erlangga masing-masing satu orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com