Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Bentuk Tim Usut Kebakaran Rumah dan Posko

Kompas.com - 24/08/2012, 17:33 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com -- Menyikapi laporan masyarakat terkait aksi pembakaran rumah dan posko pemenangan salah satu bakal calon dalam pemilihan gubernur Sulsel yang terjadi belakangan ini, pihak Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel membentuk tim untuk mengusut pelaku dan motif di belakang aksi tersebut.

Pembentukan tim tersebut diungkapkan Kepala Sub Bidang Publikasi Humas Polda Sulsel Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Moh Siswa kepada Kompas.com, Jumat (24/08/2012).

Menurut Siswa, pihaknya telah menerima laporan masyarakat dan Polda Sulsel langsung membentuk tim untuk melakukan pengusutan terkait aksi dugaan pembakaran rumah di Jalan Toddopuli V dan posko pemenangan bakal calon (Balon) Gubernur Sulsel Ilham Arief Sirajuddin dan Aziz Kahar Muzakkar (IA) di Jalan Tamangapa, Makassar, Kamis (23/08/2012) dinivhari.

"Mengenai dibakar atau terbakar, kita belum tahu. Tapi kita sudah terima laporan dari masyarakat terkait kebakaran rumah dan posko. Kita juga sudah membentuk tim dan dalam tim itu, turut serta tim dari Laboratorium dan Forensik (labfor) Polda Sulsel. Saat ini juga kepolisian sedang menganalisis penyebab kebakaran. Nantinya, tim Labfor menganalisis penyebab kebakaran yang hanya berselang beberapa jam," katanya.

Siswa menambahkan, jika dalam hasil penyelidikan polisi nantinya terbukti ada unsur kesengajaan yang dilakukan oknum, maka pihaknya tetap menindak sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

"Kalau kebakaran tersebut disebabkan karena ada unsur kesengajaan, tentunya ada konsekuensi hukumnya dan akan kita tindak sesuai ketentuan hukum yang berlaku ," terangnya.

Sebelumnya telah diberitakan Kompas.com, posko pemenangan salah satu kandidat balon gubernur Sulsel di Jalan Tamangapa Raya, Kelurahan Bangkala, Kecamatan Manggala, Makassar dibakar orang tak dikenal, Kamis (23/8/2012) sekitar pukul 03.00 Wita.

Menurut warga setempat, Muh Jufri (34) yang juga merupakan kordinator posko pemenangan IA, pelaku pembakaran beraksi begitu cepat. Usai membakar posko, pelaku langsung melarikan diri mengendarai mobil Avanza. Warga sempat melihat pelaku kabur ke arah Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Hanya berselang beberapa jam, kebakaran kembali terjadi di Jalan Toddopuli 5 no 35 A, Kelurahan Borong, Kecamatan Manggala, Kamis (23/8/2012) sekitar pukul 05.00 wita. Kebakaran ini menghanguskan sebuah rumah kos mewah, tiga unit sepeda motor dan satu unit mobil.

Belum diketahui pasti penyebab kebakaran, namun dugaan sementara sengaja dibakar oleh orang berkendara motor. Dugaan tersebut diungkapkan warga sekitar, H Bustam. Bustam mengaku saat melintas menuju masjid, melihat sesorang memarkirkan motornya di depan rumah milik pensiunan Dinas Perhubungan, Bahrun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com