Jumat, 24 Oktober 2014

News / Edukasi

Pameran Pendidikan

Lulus SMP, Langsung SMA di Jepang

Senin, 27 Agustus 2012 | 11:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Kini lulus SMP di Indonesia langsung bisa masuk kelas satu SMA di Jepang. Hal ini terselenggara karena adanya kerja sama sekolah bahasa Jepang Pandan College di Indonesia dengan SMA di Jepang.

Pada Sabtu (1/9/2012), masyarakat bisa mendapat informasi untuk melanjutkan pendidikan menengah ke Jepang. Pandan College menghadirkan 12 SMA Jepang pada acara Japan Education Fair ke-9 di lantai 4 SariPanPacific Hotel Jakarta. Ada juga seminar pendidikan internasional Jepang. Acara ini gratis bagi masyarakat umum.

Komisaris Pandan College, Richard Susilo mengatakan, belajar ke Jepang sebenarnya tidak sulit. Tetapi citra yang terukir di benak masyarakat Indonesia saat ini, belajar ke Jepang dan Amerika Serikat sulitnya bukan main, terutama untuk mendapatkan visa ke sana. Akibatnya banyak orang Indonesia segan ke Jepang.

Menurut Richard, masalah ini sebenarnya karena kurang informasi saja masyarakat Indonesia mengenai Jepang, khususnya cara mengajukan aplikasi visa belajar ke Jepang.

Pandan College hadir di tengah masyarakt dalam bentuk Japan Education Fair (JEFI), sebuah festival pendidikan dan budaya Jepang. Masyarakat bisa mendapat informasi gratis mengenai Jepang, khususnya pendidikan di Jepang, agar masyarakat Indonesia tidak salah sangka mengenai Jepang.

Dalam JEFI ini masyarakat dapat berkonsultasi gratis dengan berbagai lembaga pendidikan Jepang dari SMA hingga pergirian tinggi. Kedua belas lembaga Jepang yang hadir dalam pameran adalah Kashima Gakuen High School (SMA), Shukutoku Japanese Language School, Trident College of Languages and Hotel, Japanese Department, The Yamasa Institute, Tokyo Central Japanese Janguage School, North River Japanese Language School, Tokyo Riverside School, Iwatani College of Business Japanese Language School, Kobe International University, Shizuoka University (Perguruan Tinggi Negeri), Sendagaya Japanese School, dan Tokyo Ikuei Japanese School.

Pada JEFI ke-9 ini, untuk pertama kali SMA Jepang hadir. Apabila sekarang murid kelas tiga SLTP sekolah di Pandan College, saat lulus dari SLTP di Indonesia, tahun depan bisa langsung masuk ke SMA di Jepang. "Hal ini jaminan 100 persen dari Pandan College bagi murid SMP Indonesia," kata Richard.

Pameran pendidikan JEFI yang dibuat PT Pandan International, didukung sepenuhnya oleh Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, Japan Foundation dan Jetro Jakarta.


Penulis: Ester Lince Napitupulu
Editor : Nasru Alam Aziz