Jumat, 29 Agustus 2014

News / Edukasi

Sudah Ada 16 Pendaftar Calon Rektor UI

Senin, 3 September 2012 | 06:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pejabat Sementara (Pjs) Rektor Universitas Indonesia (UI) Djoko Santoso mengungkapkan hingga saat ini sudah ada 16 orang yang mendaftarkan sebagai calon rektor UI periode 2012-2017.

Menurut Djoko Santoso di Jakarta, Minggu, saat ini pemilihan rektor UI periode 2012-2017 sedang dalam proses menjaring sebanyak mungkin calon.

"Data terakhir yang saya ketahui, sudah ada 16 orang yang mendaftar, lima di antaranya sudah memenuhi syarat. Mudah-mudahan nambah lagi, " kata Djoko, Minggu (2/9/2012).

Hingga 7 September 2012 mendatang, lanjutya, panitia masih membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin mendaftar sebagai calon Rektor UI periode lima tahun ke depan.

Terkait "incumbent", pihaknya mengatakan bahwa hingga saat ini Gumilar R Soemantri belum mendaftar kembali.

"Belum sampai saat ini. Lagipula, siapapun yang mendaftar dan persiapan apa yang ia lakukan itu hak bagi yang mendaftar. Nah, terkait seleksinya bagaimana itu hak dari panitia (MWA/majelis wali amanat)," ujarnya.

Djoko Santoso yang juga Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ini mengaku, setelah dirinya menjabat sebagai Pjs Rektor di UI, suasana universitas dinilainya aman dan sangat kondusif.

"Ternyata memang tidak ada apa-apa. Pemilihan ya pemilihan saja. Masa jabatan rektor habis bukan berarti dekan juga habis. Fungsi harus tetap berjalan. Nanti, setelah rektor definitif diputuskan, baru ditentukan pemilihan dekan," katanya.

Menurut dia, hal tersebut dilakukannya demi menjaga agar dwidarma UI dapat berjalan dengan baik dan proses pemilihan Rektor UI juga berjalan lancar, sesuai dengan apa yang ditugaskan kepadanya sebagai Pjs Rektor UI.

"Tugas saya kan untuk memasilitasi dan mengkomunikasikan saja supaya pemilihan Rektor UI berjalan lancar. Semoga kisruh kemarin itu pertama dan yang terakhir," katanya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI, Dr Ir Muhammad Anis, M Met menambahkan proses pergantian dekan, memang seyogyanya menunggu diputuskannya rektor baru UI periode 2012-2017.

"Dari dulu memang sudah ada kesepakatan, menunggu rektor baru dulu baru pemilihan dekan, " katanya.

Dikatakannya, setelah diputuskan rektor baru UI periode 2012-2017, proses pemilihan dekan dapat berjalan sehingga bisa terpilih pada November mendatang.

"Ya, tunggu rektor baru terpilih dulu. Karena beliau nantinya yang memberikan SK dekan yang baru," katanya.


Editor : Benny N Joewono
Sumber: