Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lulusan Undana Harus Berpikir Dan Bertindak Global

Kompas.com - 03/09/2012, 06:42 WIB

KUPANG, KOMPAS.com - Rektor Universitas Nusa Cendana Kupang Prof Frans Umbu Datta Ph.D mengatakan, lulusan perguruan tinggi tersebut harus berpikir dan bertindak global setelah berada di tengah masyarakat untuk mengaplikasikan ilmu yang mereka peroleh.

"Universitas Nusa Cendana (Undana) saat ini sedang berada dalam jalur menuju universitas kelas dunia, sehingga untuk mencapai tujuan tersebut Undana harus berpikir global dan bertindak global pula," katanya di Kupang, Minggu (2/9/2012).

Ia mengatakan hal itu ketika melepas sekitar 806 lulusan Undana. Menurut dia, dari hampir 40.000 lulusan yang telah ditamatkan Undana sejak berdiri 2 September 1962 hampir sebagian besar dari mereka berorientasi menjadi pengawai negeri sipil atau PNS dan sebagian kecil yang memilih menjadi pengusaha dan politisi.

"Hal ini tidak bisa dipungkiri, karena lingkungan dan kondisi wilayah serta peluang kerja yang tersedia di Nusa Tenggara Timur masih sangat terbatas, sehingga para alumni Undana didorong untuk terus menciptakan lapangan kerja baru bagi para pencari kerja di daerah ini," katanya.

"Jangan berpikir global tapi bertindak lokal. Seperti Sebagai sebuah lembaga pendidikan tinggi yang mencetak sumber daya manusia, Undana harus berpikir global dan bertindak global pula," katanya.

Menurutnya, status sebagai universitas kelas dunia adalah menyangkut urusan persepsi yang harus dibangun dengan menunjukkan keunggulan yang tidak dimiliki perguruan tingi lain.

"Undana sebenarnya memiliki potensi yang tidak dimiliki perguruan tinggi lainnya. Keunggulan tersebut adalah di bidang pertanian dan peternakan, terutama mengenai lahan kering," katanya.

Potensi-potensi ini yang membuat Undana seharusnya unggul, sehingga perguruan tinggi lain bisa belajar terutama mengenai lahan kering dan masih banyak keunggulan lainnya lagi yang dimiliki Undana sebagai Universitas Negeri di daerah perbatasan Indonesia-Timor Leste.

"Saat ini terdapat 17.142 mahasiswa dan 888 dosen yang terdiri atas guru besar (23), doktor (116), dan selebihnya bergelar S2 dan S1 belajar dan berkarya di Undana," katanya.

Tamatan Undana yang telah mencapai 40.000 alumni, sebagian besar di antaranya menjadi birokrat di lingkungan pemerintah daerah tingkat provinsi hingga kabupaten/kota di NTT.

"Sebuah kebanggaan bagi Undana adalah pimpinan daerah Nusa Tenggara Timur yakni Gubernur NTT, Frans Lebu Raya dan Wakil Gubernur NTT, Esthon Foenay adalah alumni Undana," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com