Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Juara OSN Bisa Langsung Masuk PTN Asal...

Kompas.com - 03/09/2012, 15:14 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjamin para juara Olimpiade Sains Nasional bisa langsung masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) tanpa tes untuk melanjutkan studi ke pendidikan tinggi. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mendikbud Mohammad Nuh memastikan pemberian beasiswa itu dengan memerintahkan pejabat di bawahnya, yakni Direktur Jenderal terkait untuk mengurus semuanya sesaat setelah siswa bersangkutan dinobatkan sebagai peraih emas OSN.

Namun demikian, Nuh berpesan agar para juara pun memperhatikan hal berikut ini supaya "hadiah" itu tidak tertunda, bahkan terhambat untuk direalisasikan.

"Selama ini kasusnya karena tidak klop. Juara Biologi masa mau masuk Matematika, kan susah. Akhirnya kita tunda, dan menjadi masalah," ungkap Nuh seusai membuka OSN XI di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Senin (3/9/2012).

Selama ini, lanjutnya, para juara OSN di bidang studi tertentu tidak mengambil program studi yang sesuai dengan kompetensinya di OSN. Oleh karena itu, jaminan beasiswa itu tak dapat segera direalisasikan karena terjadi kerancuan.

Pemerintah menjamin bahwa seluruh juara OSN akan memperoleh kesempatan langsung studi di PTN yang menerima. "Hadiah" ini juga berlaku dalam OSN XI tahun ini.

OSN kali ini diikuti sekitar 3.000 peserta dari seluruh Indonesia di jenjang SD, SMP, SMA, SMK, PKLK (pendidikan dasar dan menengah), serta para guru. Adapun bidang yang dilombakan juga sangat bervariasi, yakni mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Astronomi, Ilmu Kebumian, Komputer (IT), IPS Terpadu, Ekonomi dan Manajemen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com