Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Universitas Terbuka Sediakan Beasiswa

Kompas.com - 05/09/2012, 10:48 WIB
Luki Aulia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Mulai tahun 2012, Universitas Terbuka menjaring calon mahasiswa melalui seleksi khusus bagi siswa SMA yang baru lulus. Seperti halnya perguruan tinggi lain, kini Universitas Terbuka juga mengincar siswa berprestasi sejak kelas XI. Bagi para siswa lulusan SMA ini disediakan beasiswa, baik Bidikmisi maupun dari perusahaan mitra.

Hal itu dikemukakan Rektor Universitas Terbuka (UT) Tian Belawati seusai puncak acara Dies Natalis Ke-28 UT, Selasa (4/9/2012), di kampus UT, Jakarta. ”Untuk tahun ini, kami berikan 150 Bidikmisi. Tahun depan akan tambah lagi. Beasiswa khusus diberikan kepada siswa yang baru lulus SMA,” ujarnya.

Beasiswa Bidikmisi difokuskan ke empat provinsi saja, yakni Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Jawa Timur, dan Jawa Barat.

Upaya mendorong lulusan SMA untuk masuk ke UT, kata Tian, menunjukkan hasil. Dalam dua tahun terakhir ini jumlah mahasiswa yang berusia di bawah 30 tahun mencapai 46 persen dari 585.700 mahasiswa UT. ”Kita masuk ke sekolah-sekolah untuk mencari siswa-siswa unggulan sejak awal,” kata Tian.

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan Musliar Kasim menjelaskan, pemberian beasiswa merupakan bagian dari upaya membuka akses pendidikan yang lebih luas. Mulai tahun ini pemerintah akan memberikan beasiswa strata 2 (S-2) khusus untuk bidang teknik, pertanian, dan sains.

”Diharapkan ada 100.000 doktor tahun 2025. Untuk menggenjot itu, banyak beasiswa, seperti dari Dana Abadi yang jumlahnya sekarang Rp 15 triliun. Bunganya sudah sekitar Rp 750 miliar,” kata Musliar. (LUK)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com