Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Mulai Fokus pada Mutu Pendidikan Dasar

Kompas.com - 06/09/2012, 16:38 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bertekad menggenjot mutu pendidikan dasar pada tahun depan. Rencana itu dikemukakan dalam repat kerja bersama DPR RI menyusul klaim sukses pemerintah atas pelaksanaan wajib belajar (wajar) 9 tahun.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menyampaikan, angka partisipasi murni (APM) di jenjang pendidikan dasar (SD/SMP) masing-masing telah mendekati angka 100 persen. Oleh karena itu, pemerintah merasa sudah tiba waktu untuk menggodok mutu di pendidikan dasar.

"Akses di pendidikan dasar sudah tinggi, 98 persen untuk APM-nya, bukan APK. Maka konsen kita nanti sudah tak lagi pada akses, melainkan mutunya," kata Nuh, di gedung parlemen, Jakarta, Kamis (6/9/2012).

Pemerintah mengklaim telah selesai melaksanakan wajar 9 tahun. Untuk itu, mulai tahun 2012 rintisan ke wajar 12 tahun akan dirintis dengan lebih serius melalui pendidikan menengah universal (PMU). Sejumlah rencana pun disiapkan, terutama anggaran untuk mendukungnya, seperti pemberian bantuan operasional siswa untuk jenjang SMA (BOSM), peningkatan mutu guru, sampai pada penguatan sarana dan prasarananya.

Mengenai anggaran, postur anggaran pendidikan tahun 2013 meningkat signifikan. Misalnya untuk Dana Alokasi Khusus (DAK) mencapai RP 10 triliun, Dana Alokasi Umum (DAU) mencapai Rp 128 triliun dan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) sekitar Rp 5 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com