Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UI Lepas 8.672 Wisudawan, Terbanyak Sepanjang Sejarah

Kompas.com - 07/09/2012, 17:35 WIB
Ali Sobri

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) kembali menggelar upacara wisuda, Jumat (7/9/2012), di Balairung UI, Depok, Jawa Barat. Tahun ini, UI meluluskan 8.672 mahasiswa dari jenjang D-3 hingga S-3. Jumlah ini terbanyak sepanjang sejarah UI.

"Suatu kebanggaan hari ini Universitas Indonesia bisa mempersembahkan total lulusan semester genap tahun ini sebanyak 8.672 orang. Jumlah ini merupakan jumlah lulusan terbanyak dalam sejarah UI," ucap Pejabat sementara Rektor UI, Djoko Santoso, saat memimpin upacara wisuda dan penyambutan mahasiswa baru, Jumat (7/9/2012) sore.

Dalam pidatonya, Djoko berpesan kepada para lulusan untuk mempersembahkan kejujuran dan sikap yang bertanggung jawab atas pencapaian ilmu yang telah diperolehnya. Hal yang sama juga ditujukan kepada mahasiswa baru agar mereka tetap mengindahkan kedua hal tersebut dalam pencarian ilmu.

"Bayangkan jika kedua landasan itu ada, pribadi mahasiswa akan menjadi sosok profesional sejati. Teruslah mengasah kemampuan dalam dua sisi, satu memantapkan kemampuan profesional keilmuan di bidang Anda, sisi lain kembangkan kemampuan penalaran dan penjabaran keilmuan untuk kepentingan masyarakat," ungkapnya.

Seiring dengan tingginya jumlah lulusan yang banyak, Djoko juga mengatakan bahwa pada wisuda semester ini terdapat 1.230 wisudawan berpredikat cumlaude. Jumlahnya mencapai 14 persen dari total lulusan tahun ini. Jumlahnya naik tiga kali lipat dari jumlah peraih cumlaude tahun sebelumnya, yaitu 429 orang dari total 7.458 lulusan.

UI menggelar wisuda dalam dua hari. Pada hari ini, digelar wisuda untuk 3.298 lulusan sarjana kelas reguler dan kelas khusus internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com